Berita

Sambung Samping Kakao Di Kelompok Tani Lebah Madaya Dusun Busur Barat Desa Rempek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara

Pin It

Menindak lanjuti pertemuan kelompok tani yang di adakan pada (5/9/2014) antara Kelompok Tani Lebah Madaya, KWT dan PPL WKPP Desa  Rempek dengan BPTP NTB yang disepakati untuk melakukan peremajaan melalui sambung samping. Kegiatan Sambung Samping Kakao Di Kelompok Tani Lebah Madaya Dusun Busur Barat Desa Rempek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara di laksanakan pada Rabu, (10/9/2014).

Sambung samping merupakan kegiatan rehabilitasi tanaman kakao yang sudah tua dan tidak berproduktif lagi. Rehabilitasi tanaman kakao lebih cepat produksi antara 9 sampai 13 bulan sudah berbuah dibandingkan dengan jika dilakukan peremajaan dan baru bisa berproduksi pada umur 4 sampai 5 tahun. Jumlah tanaman kakao yang sudah berumur tua antara 20 sampai 25 tahun mencapai 30% - 50% sehingga sangat mendesak untuk dilakukan rehabilitasi karena rata-rata produktifitas tanaman kakao di Dusur Busur Barat hanya berkisar 300 Kg-400 Kg/Ha.

Sebelum melakukan praktik sambung samping, Ir. Sudarto dari BPTP NTB menjelaskan kriteria entris yang baik dan cara melakukan sambung samping yang benar. Kemudian dilanjutkan praktik sambung samping diikuti semua anggota Kelompok Tani Lebah Madaya.

Selain anggota Kelompok Tani Lebah Madaya, kegiatan tersebut juga diikuti oleh beberapa anggota Kelompok Tani Sari Bunga Desa Rempek dan anggota Kelompok Tani “Tumpang sari” dari Desa Genggelang. (Adnan, Yohanes G. B & Sudarto)

Web Analytics