Berita

Kunjungan Petani Kabupaten/Kota Se - NTB di BPTP NTB

Pin It

Pakan merupakan faktor terpenting dalam usaha peternakan, karena kecukupan dan kualitas pakan akan mempengaruhi keberhasilan dalam usaha tersebut. Pakan adalah semua bahan makanan yang bisa diberikan dan bermanfaat bagi ternak. Pemberian pakan dimaksudkan agar ternak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sekaligus untuk pertumbuhan dan reproduksi.

Pada usaha peternakan rakyat, pakan yang diberikan pada umumnya sesuai dengan kemampuan peternak, bukan sesuai dengan kebutuhan ternaknya.  Pasokan pakan berkualitas rendah merupakan hal yang biasa.  Untuk mengatasi hal tersebut BPTPB NTB telah banyak melakukan kajian tentang penggunaan pakan untuk  jenis ternak ruminansia sebagai alternatif bagi peternakan dalam memenuhi kebutuhan pakan yang berkualitas dan cukup. Beberapa jenis pakan ternak tersebut menjadi koleksi di kebun BPTP NTB.

Pada Rabu (27/08/2014) petani peternak Kabupaten/Kota se - NTB  mengunjungi BPTP NTB untuk melihat aneka tanaman dan ternak, dan pakan ternak atau Hijauan Makanan Ternak (HMT) yang ada di kebun percobaan BPTP NTB dan mempelajari hasil-hasil kajian BPTP NTB yang terkait pakan ternak. Dalam kunjungan ke aneka tanaman dan ternak ini, petani peternak yang hadir 30 orang, dan diterima oleh Ir. Achmad Muzani.

Ir. Achmad Muzani banyak menjelaskan manfaat HMT yang ada di BPTP NTB, salah satunya tentang keberhasilan aplikasi tanaman gamal dan lamtoro yang di bina oleh BPTP NTB pada penggemukan sapi di Desa Dore Bara Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu. “Untuk mencukupi persediaan pakan, baik dimusim hujan maupun dimusim kemarau sebaiknya petani peternak menanam tanaman tersebut” katanya.

Kegiatan kunjungan ini merupakan bagian dari pelatihan teknis pengelolaan pakan ternak ruminansia selama 5 hari  dari tanggal 26 Agustus s/d 1 September 2014 di Balai Diklat Pertanian NTB. Menurut ketua rombongan peternak, Muksir, tujuan kunjungan ini untuk meningkatkan kompetensi, pengetahuan dan ketrampilan petani dibidang teknis pengelolaan pakan ternak ruminansia. Setelah petani peternak melihat aneka tanaman dan ternak banyak pertanyaan yang di sampaikan petani peternak. Banyak manfaat yang di dapat petani dari kunjungan ke Kebun Percobaan BPTP NTB.    (M.F. Matenggomena dan Farida Sukmawati M).

Web Analytics