Berita

Workshop Hasil-hasil Litkaji BPTP NTB

Pin It

Kemeriahan Open House BPTP NTB dalam rangka acara Pekan Agroinovasi Litbang Pertanian Tahun 2014 disemarakkan dengan berbagai macam kegiatan diantaranya: pameran, gelar teknologi pertanian, temu lapang aneka tanaman dan ternak, workshop dan bakti sosial, yang berlangsung  (19-23/08/2014).

Salah satu kegiatan workshop bertema “Hasil-Hasil Litkaji BPTP NTB” dilaksanakan di Aula Pertemuan BPSB Provinsi NTB dengan jumlah peserta 47 orang dari beberapa utusan instansi Provinsi NTB, KTNA NTB, KWT berprestasi di NTB, Peneliti dari Perguruan tinggi Al Azhar dan Unram, Badan Penyuluh Pertanian Kabupaten dan Perwakilan Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan di NTB.

Materi Workshop disajikan oleh empat orang nara sumber. Pada sesi pertama disampaikan oleh Dr. H. Ahmad Suriadi, SP., M.Agr.Sc  dengan judul “Pemupukan Hara Spesifik Lokasi (PHSL)” dan Ir. Muhammad Zairin., MS dengan materi “Bertanam Padi Dengan Sistem Jajar Legowo”, sebagai mederator Ir. Muji Rahayu., MS.

Dr. H. A. Suriadi menjelaskan pentingnya PHSL untuk membantu petani dalam meningkatkan hasil tanaman pada lahannya spesifik lokasi, sedangkan M. Zairin menjelaskan tentang cara tanam sistem jajar legowo, M. Zairin menyarankan untuk menggunakan sistem tanam Jajar legowo 2 : 1 pada tanaman padi.

Pada sesi kedua materi disampaikan oleh Prof. Dr.  Agus Kardinan dengan judul “Produksi dan Pemanfaatan Pestisida Nabati” dan Totok B. Julianto., S.Pt dengan materi “mengenal ayam KUB”, sebagi Moderator Ir. Achmad Muzani.

Prof. Dr. Agus Kardinan menjelaskan bahaya penggunaan pestisida an organik bagi kehidupan manusia dan menyarankan agar kita semua kembali memanfaatkan pestisida organik dan musuh alami. Totok menjelaskan tentang teknik pemeliharaan Ayam KUB.

Diskusi dilanjutkan setelah penyajian materi. Banyak pertanyaan dan masukan yang bermanfaat untuk bisa ditindak lanjuti sebagai bahan kajian selanjutnya.    (Sumber: MFM dan NA)

Web Analytics