Berita

Pemantapan Kemampuan Anggota TNI AD di Bidang Pertanian dalam Kunjungan ke BPTP NTB

Pin It

Anggota TNI AD Korem 162 Wirabhakti sebanyak 75 orang, melakukan kunjungan ke BPTP NTB, Jumat (27/06/2014). Kunjungan ini dalam rangka Sosialisasi Program Ketahanan Pangan Di Wilayah Korem 162 Wirabhakti, bertema: “Melalui Pelaksanaan Mobile Training Team (MTT) Binter Kita Mantapkan Kemampuan Aplikasi Binter Seluruh APKOWIL di Jajaran Sat KOWIL”. Kegitan ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian sudah dihasilkan oleh BPTP NTB, sehingga dapat diaplikasikan dan disosialisasikan dalam wilayah korem 162/Wirabhakti dan masyarakat di sekitarnya.

Acara pembukaan dlaksanakan di dalam Aula BPTP NTB, dan diterima secara resmi oleh Kepala BPTP NTB yang diwakili Kasubag TU Ir. M Sofyan Souri.

Pada kesempatan tersebut Kasiter Letkol Infantri Drs. Kusdiro sebagai pendamping anggota TNI Korem 162/Wirabhakti  menegaskan, agar para peserta Mobile Training Team (MTT) mengikuti seluruh arahan dan pemberian materi yang diberikan oleh para penyaji dengan serius dan harus benar-benar difahami setiap materi yang diberikan agar nantinya pengaplikasian dilapangan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh atasan.

Ir. M Sofyan Souri dalam sambutannya menjelaskan kegiatan BPTP NTB adalah lembaga di bawah Litbang Kementerian Pertanian dan melakukan koordinasi fungsional dengan pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dua tugas utama utama dari BPTP melaksanakan penelitian dan pengkajian. BPTP NTB melakukan kajian spesifik lokasi di bidang pertanian di seluruh NTB, sehingga hasil pengkajian tersebut sudah sesuai dengan keadaan daerah NTB. Komoditi yang dikaji oleh BPTP NTB adalah tanaman pangan (jagung, padi, kedelai), peternakan, dan program M-KRPL, dll.

Di akhir sambutannya M Sofyan Souri mengharapkan dengan mendapatkan penjelasan dari tim BPTP dan melihat langsung hasil yang ada di BPTP NTB, Anggota TNI AD Korem 162/Wirabhakti lebih memahami teknologi di bidang pertanian yang bisa diterapkan pada lingkungan sendiri, masyarakat desa atau perkotaan.

Acara selanjutnya pemaparan materi dari narasumber yang dipimpin oleh Dr. Nurul Hilmiati selaku moderator. Pemaparan materi pertama sebagai narasumber disampaikan oleh Lalu Wirajaswadi dengan materi “Bertanam Padi Dengan Sistem Jajar Legowo”. Tentang teori penanaman padi menggunakan Sistem Jajar Legowo 2:1 dan jajar legowo 4:1 yang dapat meningkatkan produktifitas padi 20%, sudah mampu meningkatkan hasil dan mendapatkan suplus terbesar NTB termasuk lumbung padi nasional.

Meteri kedua dipaparkan oleh Bq Tri Ratna Erawati, SP.M.Sc tentang “Teknologi Budidaya Jagung dan pengenalan varietas unggul”. Setelah pemaparan materi dari narasumber selesai di paparkan, diadakan sesi tanya jawab dari para anggota TNI AD yang sangat antusias untuk bertanya.

Setelah anggota TNI mendengarkan pemaparan dari narasumber tentang teori teknologi hasil pertanian dalam pengelolaan komoditi pertanian di BPTP NTB kegiatan dilanjutkan untuk melihat semua kegiatan yang ada di lahan BPTP NTB, terutama melihat kebun bibit induk (KBI) yang di pandu oleh penanggung jawab Adnan, yang menjelaskan proses pembibitan beberapa jenis tanaman sayuran, pembuatan media tanam persemaian dan pembuatan media tanam pada polybag. Acara dilanjutkan dengan praktik pembuatan media tanam pada pembenihan dengan menggunakan plastik kecil untuk beberapa komoditi sayuran dan pembuatan media tanam pada polybag. Anggota TNI AD juga melihat kebun percobaan dan aneka ternak, serta visitor plot. Di akhir acara penutupan Kepala BPTP NTB Dr. Ir. Dwi Praptomo S., MS memberikan apresiasi kepada seluruh Prajurit TNI dalam motivasinya mau belajar dalam hal pertanian akan tetapi di harapkan tetap profesional dalam tupoksinya sebagai aparat Negara khususnya dalam hal keamanan Negara. Dr. Ir. Dwi Praptomo S.,MS juga menjelaskan bahwa BPTP NTB adalah kepanjangan tangan dari Kementerian Pertanian dalam melakukan Inovasi Teknologi Pertanian untuk di terapkan di petani melalui dinas-dinas/instansi terkait. Diharapkan kunjungan dan kerjasama antara jajaran TNI-AD dengan BPTP ini dapat terus ditingkatkan di masa mendatang, dan ditindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan kerjasama yang lain, seperti pelatihan, gotong royong, membantu petani dalam hal gerakan tanam, pengendalian hama penyakit, diseminasi teknologi dan lain-lainnya. Dr. Ir. Dwi Praptomo S., MS mengucapkan banyak terimakasih atas kunjungan anggota TNI AD ke BPTP NTB semoga bermanfaat bagi Prajurit TNI AD.  (Sumber: Farida Sukmawati M & MFM).

Web Analytics