Berita

Pekan Daerah KTNA Tingkat Provinsi NTB Tahun 2014

Pin It

Pekan Daerah (PEDA) merupakan ajang interaksi antar kontaktani-nelayan untuk menyampaikan berbagai prestasi di bidang usahatani dan agribisnis. Di dalam PEDA para kontaktani-nelayan saling bertukar informasi dan pengalaman, bagaimana menerapkan teknologi pertanian dalam arti luas, bagaimana membangun kerjasama, dan masih banyak hal yang dibahas. PEDA tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dilangsungkan di Asrama Haji Mataram (2-4/06/14) yang diikuti sekitar 600 peserta, terdiri dari Kontaktani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten/Kota se NTB, para pendamping, dan peninjau.

PEDA KTNA tingkat Provinsi NTB ini dibuka oleh Wakil Gubernur NTB, H. M. Amin, dihadiri anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), para Kepala Dinas/Instansi/SKPD tingkat Provinsi NTB, para Bupati/Walikota, Organisasi Profesi, Swasta, dan tentunya peserta utama PEDA yaitu para KTNA dari 10 Kabupaten/Kota se NTB. Selesai membuka acara PEDA, Wakil Gubernur NTB didampingi para undangan meninjau pameran Dinas/Instansi tingkat Provinsi NTB, dan Kabupaten/Kota se NTB.

Di dalam PEDA ini selain diadakan pertemuan-pertemuan, juga adu kepintaran, ketrampilan, termasuk juga lomba-lomba di bidang olah raga, serta pentas seni. Ada 8 bidang kegiatan yang dilaksanakan dalam PEDA, salah satunya adalah Bidang Pengembangan Teknologi dan Kualitas Produksi Agribisnis, dimana Koordinator Bidangnya adalah Kepala BPTP NTB. Kegiatan-kegiatan yang ada di bidang ini adalah: a) Gelar dan Temu Teknologi, b) Temu Karya, c) Peragaan, d) Unjuk Tangkas, dan e) Asah Terampil.

GELAR TEKNOLOGI

Kegiatan Gelar Teknologi dilaksanakan di Pagutan, Jalan Lingkar Selatan, Kota Mataram, (2/6/2014), jam 15.30 – 17.30, dihadiri sekitar 100 orang peserta. Teknologi yang disampaikan adalah  sistem tanam padi jajar legowo 2:1, 3:1, dan 4:1, seluas 3,5 ha. Selain itu juga display  Varietas Unggul Baru (VUB): Inpari 16, 19, 22, 23, 26, 27, 28, 30, dan Ciherang.

TEMU KARYA

Temu Karya dilaksanakan di Gedung Asrama Haji Mataram, (2/6/2014), dengan peserta sebanyak  8 penyaji (8 judul). Hasil penilaian tim juri ada 3 juara yaitu:

Juara I   : “Budidaya Tomat Organik menggunakan Media Kue Lapis”, Nirmala Qurbani SP, Kab. Lombok Barat

Juara II  : “Sekolah Lapang Rehabilitasi Tanaman Kopi dengan Penyambungan bagi Petani dan Petugas Lapang”, Jaharudin, SSos, Kab. Lombok Utara.

Juara III : “Meraup Milliaran Rupiah melalui Usaha Agribisnis Cabai”, H.Subhan, Kab. Lombok Timur

PERAGAAN

Kegiata Peragaan dilaksanakan di Halaman Asrama Haji Mataram, (3/6/2014), dengan peserta sebanyak  9 penyaji (9 judul), dengan nominasi peragaan terbaik adalah: “Alat Praktis Pengupas Kelapa”, H.Mulyadi, Kab. Lombok Tengah “Pembuatan Obat Tradisional dari Lebah Trigona”, Ali Suasta, Kab. Lombok Barat “Pemanfaatan Limbah Pertanian sebagai Bahan Bakar Minyak”, Jon Topan, Kab. Sumbawa

UNJUK TANGKAS

Kegiatan Unjuk Tangkas dilaksanakan di Halaman Asrama Haji Mataram, (3/6/2014), dan diikuti peserta dari 10 kabupaten/kota, masing-masing tim terdiri dari 6 orang. Jenis Unjuk Tangkas: Bongkar-pasang traktor, okulasi, mengupas kelapa, memilih jenis kelamin DOC, Mengemas benih lele. Adapun juara Unjuk Tangkas adalah:

Juara I   : Kabupaten Bima

Juara II  : Kabupaten Dompu

Juara III : Kabupaten Lombok Barat

ASAH TERAMPIL

Kegiatan Asah Terampil dilaksanakan di Halaman Asrama Haji Mataram, (3/6/2014), yang diikuti oleh peserta dari 10 kabupaten/kota, masing-masing tim terdiri dari 5 orang. Juara lomba Asah Terampil adalah sebagai berikut.

Juara I   : Kabupaten Lombok Utara

Juara II  : Kabupaten Lombok Barat

Juara III : Kabupaten Sumbawa

(Sumber : DPS)

Web Analytics