Berita

Kunjungan Tim World Bank dan Fao Ke Kelompok Wanita Tani “Karya Wanita” Kabupaten Lombok Barat

Pin It

Sebagai bentuk keberhasilan program KRPL di NTB, salah satu kelompok wanita tani “Karya Wanita” Dusun Dasan Belo, Desa Jembatan Kembar Timur, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat mendapat kunjungan dari tim World Bank dan FAO pada Selasa (20/5/2014).

Kunjungan di kelompok wanita tani “Karya Wanita” ini berasal dari perwakilan FAO dari negara Amerika, Australia, Italy, Laos, Perwakilan World Bank Yukiko Tamisha dan Muditha Chamroen serta  dari kemitraan Jakarta ibu Ade Siti.

Selain tamu FAO dan World Bank pertemuan ini di hadiri oleh Kepala BPP Lembar dan PPL Pendamping  Desa Jembatan Kembar Timur, serta Kepala Desa Jembatan Kembar Timur.

Dalam kunjungan ini tim melakukan diskusi dengan Ketua kelompok “Karya Wanita” ibu Hartini, PPL desa Jembatan Kembar Timur dan tim KRPL BPTP NTB tentang program yang telah dilaksanakan. Disampaikan bahwa melalui program KRPL yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013, BPTP NTB melakukan pendampingan teknologi pembibitan sayuran, budidaya tanaman sayuran, budidaya ayam KUB dan pengolahan hasi sayuran yang ada di perkarangan. Dalam sambutanya Kepala BPTP NTB Dr. Ir. Dwi Praptomo S., MS menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh BPTP adalah wujud dari keinginan untuk meningkatkan gizi keluarga dengan mengembangkan tanaman  yang ada dipekarangan menghasilkan pendapatan rumah tangga dan menjaga lingkungan agar hijau dan sehat. Dalam  diskusi para tamu juga menyampaikan pertanyaan tentang jenis-jenis tanaman yang ditanam, pengembangan hasil olahan, dan juga tentang bagaimana keterlibatan BPTP NTB dalam membantu kegiatan penanaman tanaman sayuran yang ada dipekarangan. Pada sesi selanjutnya para tamu juga mengunjungi berbagai tanaman sayuran  yang berada di perkarangan anggota kelompok maupun di KBD (Kebun Bibit Desa), termasuk mengunjungi kandang pemeliharaan ayam KUB yang diitegrasikan dengan pemeliharaan ikan lele.

Kelompok wanita tani yang diketuai oleh ibu Hartini ini juga menyuguhkan berbagai hasil olehan berbahan sayuran yang ada diperkarangan seperti olahan puding labu kuning, puding labu air, stik kangkung, stik talas dll. Para Tamu dari FAO dan World Bank juga menikmati suguhan yang disediakan oleh KWT Karya wanita. (Nurul Agustini dan Nani Herawati).

Web Analytics