Berita

Pertemuan Pemantapan P2BN di Mataram

Pin It

Bertempat di hotel Lombok Raya Mataram berlangsung pertemuan Pemantapan P2BN tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (17-18/02/2014). Pertemuan dibuka oleh Gubernur NTB diwakili Asisten II Setda Provinsi NTB, Ir. L. Gita Aryadi pada Senin (17/02/2014) malam. Hadir pada acara pembukaan antara lain, Sekretaris Ditjen Tanaman Pangan, Direktur Pascapanen Ditjen Tanaman Pangan, Dekan Fakultas Pertanian UNRAM, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi NTB, Kepala BPTP NTB, Perwakilan PT SHS, PT Pupuk Kaltim, dan stakeholder lainnya, serta para Kepala Dinas Pertanian Kabupaten/Kota dan Kepala Bapelluh Kabupaten/Kota se NTB.

Dalam sambutannya, Gubernur NTB yang diwakili Asisten II Setda Provinsi NTB mengungkapkan bahwa Provinsi NTB masuk dalam koridor V MP3EI dimana prioritas pembangunan sebagai gerbang pariwisata didukung oleh ketahanan pangan. Oleh karena itu sektor pertanian menjadi sangat penting dalam mensukseskan MP3EI khususnya dan pembangunan daerah pada umumnya. Pertemuan pemantapan Program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) tingkat Provinsi NTB haruslah menjadi wahana untuk mengevaluasi seberapa jauh pelaksanaan P2BN, apa kendala yang dihadapi dan bagaimana strategi ke depannya, terutama dalam rangka mendukung pencapaian surplus beras 10 juta ton secara nasional. Untuk NTB, meskipun selama ini sudah mencapai surplus beras, namun peningkatan produksi beras haruslah terus diupayakan sebagai salah satu provinsi sentra beras nasional. Diperlukan sinergi yang lebih baik lagi antar SKPD, instansi, dan stakeholder terkait lainnya untuk menjamin keberhasilan program P2BN. Perlu ditingkatkan inovasi teknologi, pelayanan, dan penyediaan sarana-prasarana, terutama pupuk. Agar dicermati masalah kebutuhan pupuk, yang menjadi salah satu titik kritis dalam mendukung keberhasilan P2BN. Akhirnya Gubernur mengharapkan agar pertemuan ini dapat mencari terobosan dalam mensukseskan P2BN, menjaga ketahanan pangan, dan tentunya juga harus bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Di sela-sela pertemuan Pemantapan P2BN, Kepala BPTP NTB menyerahkan instrumen pendukung P2BN kepada Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi NTB berupa: 1) Peta Zona Agro Ekologi Provinsi NTB skala 1:250.000, 2) Kalender Tanam (KATAM) Provinsi NTB dan Kabupaten Kota se NTB untuk MT II tahun 2014, 3) Rekomendasi Varietas Unggul Padi Berbasis Kecamatan di NTB, dan 4) Rekomendasi Teknologi Budidaya Padi Spesifik Lokasi Berbasis Kecamatan di NTB. Instrumen pendukung ini sebagai tindak lanjut dari dikeluarkannya Permentan nomor 45 tahun 2011, dimana Badan Litbang Pertanian melalui BPTP diminta untuk menyiapkan Peta AEZ, KATAM, dan Rekomendasi Teknologi.

Selesai acara pembukaan dilanjutkan dengan presentasi oleh Sekretaris Ditjen Tanaman Pangan, Dr. Ir. Spudnik Sudjono yang menjelaskan mengenai hasil-hasil yang telah dicapai tahun 2013, baik di tingkat nasional maupun NTB, masalah-masalah yang dihadapi, dan strategi untuk tahun 2014. Acara dilanjutkan dengan diskusi antara nara sumber dengan peserta pertemuan.  (Sumber : DPS)

Web Analytics