Berita

Sosialisasi Kalender Tanam Terpadu MT I 2013/2014

Pin It

Perubahan dan perkembangan lingkungan strategis diluar sektor pertanian sangat berpengaruh terhadap peningkatan produksi tanaman pangan. Salah satunya adalah perubahan iklim yang tidak lagi dapat dihindari. Perubahan iklim ini menyebabkan terjadinya pergeseran awal musim tanam dan pola tanam, mendorong berkembangnya hama dan penyakit, kekeringan, dan banjir yang juga menjadi faktor penghalang upaya peningkatan produksi tanaman dan bahkan gagal panen. Kementerian Pertanian (Kementan) telah menghasilkan Kalender Tanam Terpadu (KATAM) sebagai upaya untuk adaptasi terhadap perubahan iklim, yang berisi informasi: Awal Waktu Tanam berdasarkan prediksi iklim, Rekomendasi Varietas berdasarkan tingkat serangan organisme pengganggu tanaman, dan pemupukan berimbang. Agar KATAM dapat sampai ke tingkat petani maka perlu dilakukan sosialisasi.

Sosialisasi Kalender Tanam MT I 2013/2014 dilaksanakan pada Kamis (21/11/2013) di Aula Kantor Bapeluh Lombok Barat dan pada Jumat (22/11/2013) di Aula Kantor BP4K Kota Mataram.

Dalam Sosialisasi, Dr. Ahmad Suriadi, M. Arg.Sc menyampaikan tentang manfaat dari Kalender Tanam Terpadu,  cara-cara mengakses KATAM baik melalui sms, android maupun internet. Selain itu juga diserahkan Panduan Kalender Tanam Terpadu kepada tiap-tiap kecamatan di Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram. Dalam Sosialisasi hadir Kepala Bapeluh, Kabid Pertanian lingkup Bapeluh dan Kepala BPP di setiap Kecamatan.

Dengan sosialisasi KATAM ini diharapkan para pengambil kebijakan dan  pelaku
usaha pertanian di Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram  senantiasa bisa memperoleh acuan terpercaya dalam penentuan musim tanam yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing wilayah.   (Sumber : Yanti Triguna)

Web Analytics