Berita

Kunjungan TKIT “Anak Sholeh” Sandubaya Mataram Ke BPTP NTB

Pin It

Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) “Anak Sholeh” merupakan salah satu Taman Kanak-Kanak binaan Yayasan Pendidikan Islam Terpadu Ibnu Abbas yang berada di Sweta, Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. TKIT ini memiliki beberapa program pembinaan salah satunya program kunjungan yang bertujuan untuk mengajak anak belajar di alam terbuka dengan tema “binatang dan tanaman”. Program tersebut diaplikasikan dengan melakukan kunjungan ke BPTP NTB yang dilaksanakan pada Kamis (14/11/2013). Peserta kunjungan berjumlah kurang lebih 40 orang terdiri dari siswa TK, PAUD dan TPA, serta guru dan pembina. Kunjungan disambut oleh Kasi KSPP BPTP NTB, Drh. Nurul Hilmiati, MVS., dan tim dari Kelji Budidaya Tanaman, Fitrahtunnisa, M.Si dan Nani Herawati, SP.

Dalam kunjungan ini anak-anak diperkenalkan dengan tanaman buah dan sayur yang ada di lingkungan kantor BPTP NTB seperti tomat, terong, strawberry, jambu, belimbing, dan kedondong. Mereka sangat antusias mendengarkan penjelasan dari para pembina dari BPTP. Kepada anak-anak diberikan umpan balik berupa pertanyaan untuk mengetahui sejauh mana mereka menyimak dan memahami apa yang disampaikan oleh tim pembina.

Selain diperkenalkan dengan tanaman buah dan sayur, anak-anak juga diajak untuk melihat aneka ternak seperti sapi, kambing dan ayam. Beragam reaksi yang ditunjukkan anak-anak saat melihat ternak, ada yang bergegas menuju kandang sapi dan kambing untuk memberi makan dari daun turi, daun kelor dan daun gamal, ada yang hanya melihat dari jauh. Anak-anak terlihat antusias mengikuti tahap demi tahap kegiatan.

Pada akhir kunjungan, Siti Nurmayanti, SP selaku pimpinan rombongan menyampaikan kesan bahwa mereka sangat senang karena siswa binaannya dapat melihat langsung tanaman dan ternak. Harapannya semoga pada kunjungan berikutnya siswa dapat terjun langsung ke lapangan untuk praktek bertani sehingga anak-anak memiliki keterampilan atau setidaknya tahu cara menanam tanaman yang sering mereka jumpai di lingkungan sekitarnya. (Sumber : Fitrahtunnisa)

Web Analytics