Berita

Pelatihan Budidaya Sayur-Sayuran Di lokasi MKRPL Kabupaten Dompu-Bima

Pin It

Dalam rangka peningkatan kapasitas anggota kelompok wanita tani Kebun Bibit Desa (KBD) kegiatan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (m-KRPL) di Provinsi Nusa Tenggara Barat dilakukan pelatihan budidaya tanaman sayur-sayuran di Kabupaten Dompu, Bima dan Kota Bima. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari kabupaten lainnya di Pulau Lombok dan Sumbawa. Pelatihan dan pembinaan yang berlangsung selama ±6 jam per masing-masing lokasi KBD ini dilaksanakan selama 7 hari berturut-turut (04-11/11/2013) pada 7 lokasi KBD di Kabupaten Dompu, Bima, dan Kota Bima. Ketujuh lokasi tersebut adalah Desa Tembalae Pajo (KWT Lestari), Desa Tumpu Manggelewa (KWT Berkah), Desa Rabakodo Woha (KWT Sejati), Desa Padolo Palibelo (KWT Oi Ncinggi), Desa Tumpu Bolo (KWT Tulip) Kelurahan Kodo Rasanae Timur (KWT Karawi Sama), dan Kelurahan Rabadompu Timur Raba (KWT Melati).

Materi-materi yang disampaikan pada pelatihan diantaranya pembuatan benih, persemaian, pembuatan kompos dan mikroorganisme lokal yang sekaligus dapat dimanfaatkan sebagai pupuk cair, media tanam, pemindahan bibit, dan pembuatan pestisida nabati dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur (bawang putih) dan pekarangan (daun papaya dan daun sirsak). Semua peserta pada setiap lokasi sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan yang dilaksanakan Tim BPTP NTB pada KBD mereka. Beberapa peserta bahkan terlibat aktif pada praktik bersama pembuatan kompos dan persiapan media tanam serta pestisida nabati. Pada materi pembuatan benih ibu-ibu anggota KWT merasa mendapatkan ilmu yang belum pernah diperoleh sebelumnya, terungkap dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan saat proses pembelajaran berlangsung.

Pelatihan hanya dilakukan pada 6 lokasi karena terkendala koordinasi pada anggota kelompok wanita tani Berkah Desa Tumpu Kecamatan Manggelewa, sehingga pembinaan hanya diberikan pada anggota yang hadir. Beberapa sarana pendukung seperti benih sayur-sayuran, paranet, dan waring juga diberikan untuk mendukung keberlangsungan proses budidaya sayur-sayuran di KBD, sehingga ketersediaan bibit di desa tercukupi baik untuk anggota KWT maupun rumah tangga lainnya disekitar desa. “Kami sangat berterima kasih atas ilmu-ilmu yang telah disampaikan Tim BPTP NTB pada Kami, besar harapan kami agar kegiatan serupa dilaksanakan kembali di waktu berikutnya” ujar Kepala Desa Padolo Kecamatan Palibelo saat menutup pelatihan hari Jumat (8/11) di lokasi KBD kelompok wanita tani Oi Ncinggi. Secara keseluruhan PPL-PPL pendamping, Kepala Desa setempat dan warga yang berkesempatan hadir mengatakan sangat terbantu dengan pengetahuan-pengetahuan yang sebenarnya sangat sederhana tapi belum pernah dipraktikan sendiri. (Sumber : Fitria Zulhaedar)

Web Analytics