Berita

Acara Puncak Peringatan Hari Pangan Sedunia XXXIII Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat

Pin It

Bertempat di lapangan umum Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara perayaan puncak Hari Pangan Sedunia Tingkat Provinsi NTB di laksanakan, Kamis (07/11/ 2013). Acara di Hadiri oleh Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat H. Muhamad Amin, SH.,M.Si, Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH dan Wakil Bupati Lombok Utara, Wali Kota, Ketua DPRD, Dinas/Instansi Vertikal, Kepala Dinas/UK/UPT, para penyuluh, petani, peternak, dan elemen masyarakat, termasuk para pelajar.

Acara pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya diikuti semua peserta, tamu undangan, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa. Setelah itu dilanjutkan dengan laporan ketua panitia Hari Pangan Sedunia tingkat Provinsi NTB oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB Hj. Budi Septiani, yang dalam sambutannya menjelaskan peringatan HPS dimaksud sebagai wahana kerjasama masalah pangan, disampaikan juga tujuan HPS adalah memperkuat kerjasama, menstimulasi, ketahanan pangan dan penyebaran informasi.

Rangkaian dari kegiatan HPS yaitu : acara puncak, pemberian bantuan, pameran dari Dinas, Badan, Balai, dan SKPD Provinsi NTB, bazaar dan pasar murah, lomba cipta menu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dan rapat dewan ketahanan pangan dan peringatan HPS.

Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH dalam sambutannya menyampaikan KLU adalah sentra sandang pangan. Dari sekian luas laha pertanian di KLU, ditanami dengan ragam tanaman. Untuk menunjang ketahanan pangan pemerintah KLU juga banyak mendapatkan dukungan dari program pemerintah provinsi dan pusat. Mulai dari optimalisasi sumber daya lokal, program ekstensifikasi lahan pertanian, penerapan kawasan rumah pangan lestari, hingga optimalisasi lahan kering untuk budidaya perikanan dan holtikultura.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan sejumlah bantuan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Kesehatan, Dinas Kehutanan dan Dinas Koperasi berupa paket sembako kepada kelompok masyarakat untuk mendukung terciptanya ketahanan pangan.

Pada kesempatan tersebut Wakil Gubernur NTB H. Muhamad Amin, SH,M.Si, dalam sambutannya mengatakan peringatan HPS ini merupakan kegiatan tahunan untuk meningkatkan etos kerja. Secara panjang lebar wakil Gubernur NTB menyampaikan tentang berbagai hal menyangkut ketahanan dan kemandirian pangan, menekankan; pangan adalah kebutuhan dasar masyarakat. Melalui momen HPS tersebut, diharapkan bisa terjalin sinergi yang baik untuk menyelesaikan berbagai masalah pangan yang melibatkan multi sektor. HPS ditujukan untuk memperkuat komunikasi antara semua stakeholder yang terkait dengan ketahanan pangan, disamping juga sebagai sarana penyebaran informasi kepada masyarakat. KLU dikaruniai sumber daya alam yang mencukupi dan bahkan berlebihan sehingga hasilnya juga dinikmati daerah lain. Sebagai daerah baru, pemerintah KLU juga dianggap cukup gesit dalam membangun berbagai infrastruktur guna mempermudah akses pangan oleh masyarakat, aksesibilitas pangan juga menjadi hal penting. Dalam hal ini KLU menunjukkan kemajuan yang pesat. Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan daerah, perlu ada diversifikasi agar tidak bergantung pada satu jenis pangan saja, masyarakat jangan hanya mengkonsumsi nasi karena masih banyak jenis makanan pengganti lainnya. Selesai memberi sambutan Wakil Gubernur NTB langsung membuka dan meresmikan peringatan Hari Pangan Sedunia. Selanjutnya Wakil Gubernur NTB beserta rombongan dan tamu undangan melaksanakan peninjauan stand pameran.

Puncak peringatan HPS, dimeriahkan oleh keberadaan stand pameran yang menampilkan berbagai jenis pangan unggulan di masing-masing daerah NTB. Selain itu juga diadakan lomba cipta menu yang diikuti oleh perwakilan kelompok PKK di masing-masing kabupaten/kota se-NTB. Sementara Dinas/Instansi terkait lainnya menampilkan sesuai dengan bidang masing-masing.

BPTP NTB berpartisipasi mengikuti pameran dengan menampilkan materi yang berkaitan dengan tema hari pangan tahun ini dan hasil olahan petani binaan.

BPTP NTB dalam stand pameran menampilkan hasil olahan produk pertanian dari Kelompok Wanita Tani (KWT) binaan BPTP NTB yang menampilkan hasil olahan pasca panen, ayam KUB, teknologi sambung samping kakao, bahan bacaan (liptan, brosur, buletin dsb).

Diakhir acara Wakil Gubernur NTB dan Bupati KLU beserta dinas/instansi terkait melakukan peninjuan stand pameran dan bazaar, dilanjutkan kunjungan ke areal perkebunan kakao di kawasan Desa Rempek, Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. (Sumber : Farida Sukmawati M)

Web Analytics