Berita

Kunjungan Gapoktan PUAP Dari Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur Ke Provinsi Nusa Tenggara Barat

Pin It

Pada hari Senin tanggal 28 Oktober 2013 berlangsung acara kunjungan dari beberapa gabungan kelompok tani (Gapoktan) penerima bantuan Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) dari Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Provinsi Kalimantan Timur ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Rombongan terdiri dari Gapoktan Sarinadi Kota Banjar, Gapoktan Maju Sejahtera, Gapoktan Mekar Jaya, Gapoktan Loaipuh, tiga orang Penyelia Mitra Tani (PMT) dan Kepala beserta beberapa orang staf dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupat

Pada kesempatan pertama rombongan bersilaturrahim ke Kantor BPTP NTB dan diterima langsung oleh Kepala BPTP NTB, Dr. Dwi Praptomo Sudjatmiko, MS di ruang sidang Kantor BPTP NTB. Dalam acara silaturrahim tersebut, Kepala Dinas TPH Kabupaten Kukar selaku pimpinan rombongan menyampaikan tujuan kunjungan ke Provinsi NTB yaitu selain mempererat silaturrahim juga melakukan study banding untuk mempelajari pengelolaan dana PUAP, serta menjalin kemitraan dengan gapoktan yang ada di Provinsi NTB. Dengan study banding ini diharapkan Gapoktan dari Kabupaten Kukar dapat belajar dari gapoktan yang ada di NTB, selain itu arus informasi antar gapoktan kedua daerah dapat berlangsung lebih lancar dan berbagai peluang usaha kerjasama dapat lebih terbuka. Dalam sambutannya, Kepala BPTP NTB menyampaikan rasa bahagia atas kehadiran rombongan dari Kabupaten Kukar. Dwi menambahkan bahwa di Provinsi NTB, sektor yang menjadi unggulan daerah adalah pertanian dan pariwisata. BPTP NTB sebagai ujung tombak pelaksana program Badan Litbang Kementerian Pertanian saat ini sedang gencar menggalakkan Program Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL). Lebih lanjut, dengan adanya acara kunjungan tersebut Dwi berharap gapoktan dari Provinsi NTB juga dapat belajar banyak dari gapoktan Kabupaten Kukar dan ada tindak lanjut dari pertemuan tersebut berupa kerjasama yang sinergis antar gapoktan kedua daerah mengingat sektor unggulan masing-masing daerah berbeda. Kabupaten Kukar dikenal sebagai daerah penghasil batubara sehingga memungkinkan untuk menyuplai kebutuhan bahan bakar untuk Oven tembakau bagi petani tembakau di wilayah NTB. Tidak ketinggalan, Dwi juga menyampaikan obyek-obyek wisata yang patut dikunjungi oleh rombongan selama berada di NTB. Acara silaturrahim tersebut ditutup dengan acara tukar cinderamata khas kedua daerah.

Setelah melakukan silaturrahim dengan Kepala BPTP NTB, rombongan menyempatkan diri berkunjung ke Kebun Bibit Induk (KBI) Program MKRPL dipandu oleh H. Sahram, MS. Setelah puas berkeliling, rombongan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Lombok Timur. Kunjungan pertama di Lombok Timur dimulai dengan silaturrahim bersama Kepala Badan Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Lombok Timur. Kepala BP4K pun menyampaikan rasa gembira dan terimakasih atas kedatangan rombongan ke Kabupaten Lombok Timur. Selanjutnya rombongan melanjutkan perjalanan menuju Gapoktan Sukran yang berlokasi di Desa Sakra Selatan Kecamatan Sakra.

Dalam pertemuan dan diskusi yang berlangsung dinamis tersebut, masing-masing gapoktan menceritakan suka duka dan pengalaman mereka dalam mengelola dana PUAP. Salah satu hal yang mencuat yang disampaikan gapoktan dari Kutai Kertanegara yaitu faktor alam yang cukup berat di wilayah Kabupaten Kukar, koordinasi yang belum optimal antar stakeholder yang menangani PUAP dan kesadaran anggota yang belum sepenuhnya terbina dengan baik. Gapoktan Sukran Kabupaten Lombok Timur menyampaikan berbagai upaya yang dilakukan untuk mengelola dana PUAP yang diterima antara lain menyediakan sarana produksi pertanian (saprodi) kepada anggota dengan harga terjangkau, mengoptimalkan simpanan swadaya baik simpanan pokok,simpanan wajib dan sukarela dari anggota untuk menambah modal kelompok serta berupaya mencari sumber-sumber pembiayaan lain di luar dana PUAP. Acara kunjungan tersebut kemudian diakhiri dengan penyampaian cinderamata dari rombongan Kabupaten Kukar kepada Gapoktan Sukran. (Mardiana/HS).

Web Analytics