Berita

Bupati Lombok Utara Mengajak Masyarakat Mengembangkan M-KRPL

Pin It

Bupati Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu, SH mengajak masyarakat di Kabupaten Lombok Utara (KLU) untuk memanfaatkan pekarangan guna memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga sehari-hari. Hal tersebut disampaikan Bupati dalam sambutannya pada Acara Temu Lapang Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) di Kelompok Wanita Tani (KWT) “Melati”, Dusun Lempenge, Desa Rempek, Kecamatan Gangga, KLU (07/10/2013). Temu lapang yang berlangsung hidmat tersebut dihadiri sekitar 100 orang peserta, dari unsur pejabat Dinas/Instansi terkait tingkat Provinsi dan Kabupaten Lombok Utara, Tim Penggerak PKK KLU, Camat Gangga, PPL, Polsek, Kepala Desa, Pengurus dan Anggota KWT Melati dan para Ketua KWT se Kec. Gangga.

Lebih lanjut Bupati menghimbau ibu-ibu rumah tangga agar memanfaatkan waktu luangnya untuk hal-hal yang positif dan produktif, jangan sampai waktunya banyak terbuang untuk “nyisik-begutu-ngiur batur” (cari kutu-ngerumpi-red). Manfaatkan pekarangan dengan tanaman terong, cabai untuk memenuhi kebutuhan keluarga, bila perlu bisa dijual untuk membeli “celak, bedak, gincu” (bahan kecantikan wanita-red), paling tidak ibu-ibu tidak sampai beli cabai/sayuran. Uang untuk beli cabai dan sayuran bisa dipakai untuk bekal anak sekolah. Bupati menegaskan komitmennya untuk mengembangkan pertanian, para petani kalau membutuhkan penyuluhan, jangan sungkan panggil penyuluh; “kalau butuh teknologi pengolahan pangan, undang ibu PKK; dan bahkan kalau butuh ketemu bupati, datang saja ke kantor atau ke rumah, jangan takut” ungkapnya.

Kepala BPTP NTB Dr. Ir. Dwi Praptomo Sudjatmiko, MS dalam sambutannya menyatakan bahwa program m-KRPL adalah program nasional yang diinstruksikan oleh Presiden kepada Kementerian Pertanian untuk dilaksanakan di seluruh Indonesia. Program m-KRPL bertujuan meningkatkan kemampuan dan keterampilan petani dalam memanfaatkan sumberdaya pekarangan secara optimal dengan aneka tanaman/ternak termasuk tanaman obat-obatan yang dibutuhkan rumah tangga sehari-hari, agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan dan gizi secara mandiri dan berkelanjutan. M-KRPL pada KWT Melati, Dusun Lempenge ini adalah salah satu dari 24 lokasi M-KRPL binaan BPTP di seluruh Kabupaten Kota se NTB. Dalam penilaian Lomba Tingkat Nasional “HATINYA PKK” (Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman) Desa Rempek ini berhasil meraih PAKARTI MADYA 3 (juara harapan 3 Tingkat Nasional) tahun 2013. Keberhasilan M-KRPL di Dusun Lempenge ini diharapkan dapat menjadi model/contoh bagi kelompok-kelompok lain dalam memanfaatkan pekarangan. BPTP siap bekerjasama dengan Pemda KLU dalam bentuk dukungan teknologi tepat guna yang dibutuhkan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Bupati KLU didampingi Kepala BPTP NTB dan Ketua Tim Penggerak PKK KLU Hj. Galuh Nurdiyah Djohan, berkenan menyerahkan hadiah kepada anggota KWT yang berhasil memanfaatkan pekarangannya dengan baik. Kriteria penilaian mencakup keragaman jenis tanaman yang dipelihara, jumlah masing-masing jenis tanaman, keragaan tanaman, serta cara penempatan tanaman/penataan di pekarangan, pengelolaan Kebun Bibit Desa dan kretivitas/keunikan pengelolaan pekarangan. Pekarangan terbaik I diraih Inaq Sapri, terbaik II: Misnawati, terbaik III: Bapak Misri. Pengelola KBD adalah Ibu Saenap, dan kategori pekarangan terunik diraih Inaq Suriyatun.

Bupati KLU juga berkenan melakukan Panen Terong dan Sawi di pekarangan milik Amaq Sapri didampingi Kepala BPTP NTB, Ketua Tim Penggerak PKK KLU, disaksikan SKPD terkait dan para peserta Temu Lapang. Meskipun Dusun Lempenge sedang dilanda kekeringan, namun lahan pekarangan masih menyimpan harapan, apabila para petani mau berupaya untuk meraihnya. Keberhasilan KWT Melati dalam membangun M-KRPL tidak terlepas dari peran aktif PPL Desa Rempek (Nurul Hajat Hermawati) dan Kepala Dusun Lempenge Muhidin.   (Sumber : M Nazam).

Web Analytics