Berita

Pelatihan Penulisan Makalah Ilmiah Untuk Jurnal Internasional

Pin It

Penulisan makalah dan mempublikasikannya merupakan suatu hal yang sangat penting bagi fungsional peneliti dan penyuluh. Selain menjadi tolak ukur kinerja, tulisan/paper dari hasil penelitian atau pengkajian juga akan menjadi acuan bagi pembaca terutama praktisi di lapangan dan petani. Hasil penelitian dan pengkajian yang paling bagus sekalipun tidak akan bisa diketahui dan tidak dapat memberikan manfaat nyata apabila tidak dituangkan dengan benar dalam sebuah tulisan dan kemudian mempublikaskannya. Untuk itu penting sekali bagi tenaga fungsional peneliti/penyuluh untuk mengetahui dan memiliki kemampuan dalam membuat tulisan yang berkualitas.

Universitas Mataram bekerjasama dengan BPTP NTB dan ACIAR dalam wadah konsorsium Ruminansia Besar, telah mengadakan pelatihan penulisan makalah ilmiah yang diselenggarakan di ruang pertemuan Fakultas Peternakan Universitas Mataram, Rabu (2/10/2013). Pelatihan dihadiri 30 orang peserta yang terdiri dari peneliti dan penyuluh BPTP NTB, akademisi dari Fakultas Peternakan Universitas Mataram, dan outsourcing kegiatan penelitian kerjasama ACIAR LPS 054. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Di Mayberry dari CSIRO di dampingi oleh Dr. Tanda S. Panjaitan dari BPTP NTB sebagai translator.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini adalah : apa alasan sehingga sebuah hasil penelitian harus dipublikasikan dalam bentuk tulisan, langkah-langkah publikasi, langkah-langkah membuat tulisan ilmiah, hal-hal yang harus dicegah dalam membuat tulisan ilmiah, etika penulisan, serta cara memilih jurnal untuk publikasi tulisan. Menurut Di Mayberry, tulisan yang baik itu harus accessible, mudah dibaca, menarik, dan informatif. Sebuah tulisan yang baik memiliki peluang untuk diterima dan diterbitkan di Jurnal. Dikatakan pula bahwa “If you haven’t written it, you haven’t done it; If you write it and no one reads it, you haven’t done it”, yang artinya “Jika anda belum menulis berarti anda belum melakukannya, jika anda menulis namun tidak ada yang membacanya berarti anda belum melakukannya”. Meskipun kita telah menulis, namun bila tidak seorangpun yang membaca tulisan kita itu berarti kita belum menulis. Oleh karena itu penting artinya untuk membuat tulisan yang menarik untuk dibaca, dimengerti dan  bermanfaat bagi pembacanya.

Pelatihan berjalan lancar dan para peserta terlihat sangat antusias mengikuti materi demi materi yang disampaikan. Di akhir kegiatan diberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya kepada narasumber. Bagi para pejabat fungsional seperti peneliti, penyuluh dan dosen, kegiatan seperti ini sangat penting dan bermanfaat bagi pengembangan kemampuan diri dan karir kedepannya. (Sumber : Fitrahtunnisa)

Web Analytics