Berita

Pelatihan Budidaya dan Pengolahan Hasil di KWT “Lapa Na’e” Kabupaten Dompu

Pin It

Sebanyak 25 anggota KWT “Lapa N’ae” dan 15 petani di sekitar lokasi mengikuti pelatihan yang diselenggarakan BPTP NTB di Desa Kramabura Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu. Pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan wajib pada kegiatan Kebun Bibit Desa (KBD) sebagai penunjang kegiatan m-KRPL yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas anggota kelompok tani  dalam mengelola potensi-potensi yang dimiliki guna pemenuhan kebutuhan pangan keluarga secara swadaya. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari (30-31/8/2013) dimana hari pertama diisi dengan pengolahan hasil pertanian dan hari kedua diisi dengan budidaya tanaman.

Pada kegiatan pengolahan hasil dipraktikan cara pembuatan manisan tomat, carang mas, ceker ayam ubi dan keripik talas. Pemilihan jenis olahan ini disesuaikan dengan potensi komoditas yang berada sekitarnya. Peserta terlihat antusias dan bersemangat karena terlibat langsung dalam kegiatan tersebut. Narasumber hanya memberikan arahan dan contoh yang selanjutnya dilaksanakan langsung oleh peserta. Seperti halnya pengolahan hasil, pada praktik budidaya tanamanpun petani diarahkan untuk memanfaatkan alat-alat dan bahan-bahan yang ada di sekitar lingkungan mereka. Praktik pembuatan kompos, persemaian, persiapan media tanam, pembuatan pestisida nabati, dan pembibitan berlangsung cukup kondusif, terlihat dari keterlibatan peserta pelatihan pada setiap kegiatan.

Peserta dan PPL pendamping sangat mengharapkan kegiatan semacam ini terus digalakkan agar kapasitas dan kreatifitas mereka semakin meningkat. Pada sesi penutupan, petugas PPL setempat menyatakan: “Jauh-jauh Ibu-ibu dari BPTP NTB ini datang dari Mataram untuk membimbing kita semua, jadi kita hargai ilmu-ilmu yang telah disampaikan selama 2 hari ini dengan mengaplikasikannya langsung hari ini di rumah kita masing-masing”. Mendengar seruan ini para pesertapun menyambutnya dengan semangat. Diharapkan dari kegiatan ini petani sekitar semakin sadar bahwa masih banyak bahan-bahan dan peralatan di sekitar mereka yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana produksi dari bahan organik/nabati sebelum melirik bahan-bahan kimia di pasaran. (Sumber : Fitria Zulhaedar dan Yurista Sulistyawati)

Web Analytics