Berita

Kunjungan KWT ‘Koloh Petung Timuk’ Ke Lokasi M-KRPL Binaan BPTP NTB

Pin It

Sebanyak 16 orang anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) “ Koloh Petung Timuk” Desa Lenek Pesiraman Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur, dengan didampingi oleh PPL Desa Lenek Pesiraman (A Yusra Manaf, A. Md) berkunjung ke lokasi M-KRPL binaan BPTP NTB, Selasa (23/07/2013). Kunjungan tersebut bertujuan untuk melaksanakan studi banding dan belajar tentang kegiatan M-KRPL yang dibina oleh BPTP NTB dan dalam kegiatan ini rombongan didampingi oleh anggota tim dari Kegiatan Pendampingan M-KRPL BPTP NTB. Lokasi M-KRPL yang dikunjungi adalah di Desa Karangsidemen Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah. Di lokasi tersebut rombongan diterima di rumah Ketua kelompok tani (Nurifansah) kemudian diajak berkeliling ke rumah anggota untuk melihat tanaman pekarangan dan lokasi Kebun Bibit Desa (KBD). Rombongan juga melakukan diskusi tentang pemanfaatan pekarangan dan teknologi yang diberikan oleh BPTP NTB dalam mengembangkan M-KRPL di lokasi tersebut.

Kunjungan kemudian dilanjutkan di lokasi M-KRPL di KWT “Bersatu” Kelurahan Mandalika Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. Di lokasi ini rombongan disambut oleh ketua dan anggota KWT (Isa Isnadi) serta PPL Kelurahan Mandalika (Theodora Junita, SP), dan diajak mengunjungi lokasi Kebun Bibit Desa (KBD) dan kebun yang dikelola secara gotong royong oleh anggota, di lokasi tersebut rombongan bertanya tentang strategi yang diterapkan oleh kelompok dalam mengelola kebun dan KBD sehingga kerjasama dalam kelompok dapat terus ditingkatkan. Narasumber mengatakan dalam merawat kebun mereka menerapkan sistem jadwal jaga setiap sore, kemudian hasil penjualan dimasukkan ke kas kelompok untuk digunakan mencukupi kebutuhan kelompok seperti benih, pupuk dll, sehingga diharapkan dengan adanya penerapan sistem tersebut rasa memiliki anggota terhadap kebun bersama dan KBD serta tanggung jawab terhadap kegiatan M-KRPL tetap terjaga. Lebih lanjut ditambahkan beberapa waktu yang lalu kebun dan KBD serta rumah anggota yang terlibat kegiatan M-KRPL BPTP NTB mendapatkan kunjungan dari Menteri Pertanian RI (Dr. Suswono), dan dari kunjungan tersebut anggota semakin bertambah semangat dalam mengembangkan M-KRPL lebih baik lagi di masa datang.

Kunjungan dilanjutkan di perumahan dinas Batalyon Infanteri 746/SWY di Kota Mataram. Kegiatan M-KRPL BPTP NTB selain dilaksanakan diseluruh Kabupaten/Kota se Provinsi NTB juga dilaksanakan secara bersama dengan instansi pemerintah, salah satunya dengan Korem 162/WB. Di lokasi tersebut rombongan berkesempatan melihat tanaman dan tatacara pemanfaatan pekarangan di kompleks rumah dinas perwira menengah Korem 162/WB.

Dengan adanya kegiatan kunjungan serta studi banding di lokasi-lokasi M-KRPL BPTP NTB, diharapkan mereka mampu mendapatkan pengetahuan dan inspirasi pemanfaatan pekarangan dengan model yang berbeda, sehingga mereka dapat menerapkan model yang diinginkan dan sesuai dengan sumber daya yang mereka miliki di lingkungan sekitar tempat tinggal mereka. Semoga mereka dapat menerapkan di tempatnya masing-masing. (Sumber : Eni Fidiyawati dan Farida Sukmawati).

Web Analytics