Berita

Studi Banding KWT Kenanga Ke Lokasi-Lokasi M-KRPL

Pin It

 

Sebanyak ± 20 orang anggota KWT “Kenanga” Desa Dasan Tereng Kecamatan Narmada melakukan kegiatan studi banding tentang pemanfaatan pekarangan di lokasi M-KRPL yang dibina BPTP NTB, Senin (22/7/2013). Rombongan ditemani oleh PPL Desa Dasan Tereng Uun, SP dan tim dari BPTP NTB dipimpin oleh : Ir. Ahmad Muzani. Lokasi M-KRPL yang pertama dikunjungi adalah M-KRPL yang berlokasi Desa Karangsidemen Kecamatan Batukliang Utara, yang menjadi narasumber adalah ketua Poktan Nurifansyah. Di lokasi tersebut peserta studi banding banyak bertanya tentang berbagai tanaman yang seperti : strawberry, kangkung, mint, pare, terung dan cabai. M-KRPL sangat berkembang di lokasi tersebut, yang merupakan lokasi pertama kegiatan M-KRPL yang dibina BPTP NTB. Narasumber juga menjelaskan tentang keuntungan yang diperoleh dari kegiatan M-KRPL, diantaranya : pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga, pendapatan dari hasil penjualan tanaman di pekarangan, peningkatan pengetahuan dan teknologi baru dalam budidaya tanaman hortikultura.

Selanjutnya peserta menuju lokasi kedua yaitu di KWT “Bersatu” Kelurahan Mandalika Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. Di lokasi ini sebagai narasumber adalah ketua KWT Ibu Isa Usnadi, rombongan diajak meninjau lokasi Kebun Bibit Desa (KBD) yang dikelola bersama oleh anggota. Di lokasi tersebut peserta melihat tanaman yang ditanam seperti terung panjang ungu, terung panjang hijau, kemangi, kangkung, cabai besar, cabai kecil, sawi, pare, dll. Narasumber menjelaskan tentang hasil yang diperoleh dari pengelolaan kebun bersama, selain pemenuhan kebutuhan sayur anggota, juga hasil dari penjualan produk sayuran yang cukup banyak dan dimasukkan untuk kas kelompok, sehingga terjadi kenaikan kas secara signifikan.Lebih lanjut dijelaskan KWT ini baru terbentuk ±1 tahun, dan M-KRPL BPTP NTB baru masuk 3 bulan akan tetapi manfaat yang diperoleh sangat besar.

Lokasi selanjutnya adalah M-KRPL di kompleks perumahan TNI-AD di Kota Mataram. Di lokasi ini mereka berkelilig di Perumahan Perwira Menengah yang ada di Jalan utama Kota Mataram, salah satunya di rumah dinas Letkol. Inf. Dono Indarto (Kasi Personil Korem 162/WB). Peserta melihat koleksi tanaman pekarangan yang ditata rapi dalam polibag seperti kol, cabai, tomat dll. Selain itu mereka juga mengamati tanaman merambat yang sedang berbuah seperti : oyong, paria, kacang panjang, dan timun. Selain itu mereka juga melihat kolam semi permanen dari terpal. Selain koleksi tanaman sayuran, pemilik rumah juga mengkoleksi aneka tanaman hias seperti : sedap malam, kamboja, palm dll. Peserta banyak bertanya tentang cara perawatan dan benih dapat diperoleh. Ir. Muzani selaku Penanggungjawab Pendampingan M-KRPL menjelaskan benih atau bibit untuk tahap I (sebagai inisiasi) dari BPTP NTB, tetapi untuk selanjutnya masyarakat diharapkan mampu memproduksi benih sendiri dengan mendapat bimbingan dari tim M-KRPL BPTP NTB atau membeli benih sendiri dari hasil penjualan produksi tanaman dari pekarangan. (Sumber : Eni Fidiyawati dan Farida Sukmawati)

Web Analytics