Berita

Kunjungan Menteri Pertanian RI ke m-KRPL KWT Bersatu, Kelurahan Mandalika, Kota Mataram

Pin It

Menteri Pertanian RI Dr. Ir. Suswono, berkunjung ke Nusa Tenggara Barat dalam rangka menghadiri rangkaian Acara Puncak Hari Koperasi Nasional ke 66 yang diselenggarakan di halaman Kantor Gubernur NTB dan dihadiri oleh Presiden RI Dr. Susilo Bambang Yudhoyono dan ibu Ani Yudhoyono dan beberapa Menteri Kabinet Bersatu II, Jumat, (12/07/2013). Disela-sela kegiatan tersebut, Menteri Pertanian RI  meninjau lokasi Model  Kawasan Rumah Pangan Lestari (m-KRPL) yang dilaksanakan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Bersatu, Lingkungan Dasan Lekong, Kelurahan Mandalika, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram. Kedatangan Menteri Pertanian yang sangat mendadak tersebut disambut gembira ibu-ibu anggota KWT Bersatu. Turut menyambut kehadiran Menteri Pertanian RI adalah Camat Sandubaya, Lurah Mandalika, Babinsa, PPL dan penanggung jawab m-KRPL. Setibanya di lokasi Menteri Pertanian berkenan mengisi dan menanda-tangani buku tamu yang disodorkan oleh salah seorang pengurus KWT Bersatu.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian NTB selaku pembina m-KRPL Provinsi NTB menjelaskan kepada Menteri Pertanian bahwa m-KRPL pada KWT Bersatu ini adalah salah satu dari 16 m-KRPL di NTB yang dibangun pada tahun 2013, lokasinya tersebar di 10 Kabupaten/Kota se NTB. KWT Bersatu yang beranggotakan 30 Kepala Keluarga mendapat pembinaan BPTP NTB untuk mengembangkan m-KRPL baru berjalan 3 bulan namun sudah banyak manfaat yang diperoleh. Ketua KWT Bersatu Ibu Isa Usnadi menjelaskan bahwa pembinaan teknologi dari BPTP NTB telah membawa manfaat bagi para anggota KWT. Dalam waktu yang relatif singkat anggota KWT telah mampu menghasilkan aneka sayuran baik di pekarangan maupun di areal kebun bibit ini. Sayuran yang sudah dipanen adalah sawi, kangkung, cabai, mentimun, jagung manis, tomat dan terong. Hasilnya selain kami konsumsi sendiri juga sebagian di pasarkan dan uang hasil penjualan tersebut disimpan sebagai kas kelompok.

Pada kesempatan tersebut Menteri Pertanian berkenan panen terong ungu panjang hasil usaha KWT di areal Kebun Bibit Desa, disaksikan Kepala SKPD Lingkup Pertanian Provinsi NTB, Camat Sandubaya, Babinsa dan Lurah Mandalika. Disela-sela acara panen, Menteri Pertanian memberikan arahan agar semua rumah tangga memanfaatkan lahan pekarangannya secara optimal dengan aneka sayuran dan ternak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, m-KRPL disini harus menjadi model yang lebih baik yang nantimnya dapat dikembangkan ditempat-tempat lain.

Dari areal Kebun Bibit Desa, Menteri Pertanian beserta rombongan meninjau secara langsung aktivitas di pekarangan yang dilakukan masing-masing anggota kelompok. Sambil menelusuri lorong-lorong pekarangan anggota KWT, Menteri Pertanian menyatakan: ”Kalau ibu-ibu menanam cabai di pekarangan masing-masing, kan tidak harus membeli dan tentu harga cabai tidak akan semahal sekarang ini”.  Perlu diketahui bahwa harga cabai di pasar-pasar tradisional Mandalika saat telah mencapai Rp. 60.000 – Rp. 80.000 per kg dan hal ini sangat berpengaruh terhadap pengeluaran rumah tangga. (Sumber : Moh. Nazam)

Web Analytics