Berita

Kunjungan Lapangan Mahasiswa UNPAD Bandung di Kelompok Tani Binaan UPBS BPTP NTB

Pin It

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran Bandung beserta beberapa tim UPBS BPTP NTB melakukan kegiatan kunjungan lapangan, Rabu (03/7/2013) di kelompok tani yang merupakan petani binaan UPBS BPTP NTB. Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran Bandung dalam rangka studi banding untuk melihat inovasi teknologi yang telah diterapkan oleh petani yang ada di pulau Lombok. Lokasi pertama yang di kunjungi adalah gapoktan Bismillah yang merupakan areal persawahan dengan pengairan irigasi teknis yang ada di Desa Puyung Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah.

Kegiatan di awali dengan pemaparan tehnik budidaya yang  biasa diterapkan  oleh ketua kelompok H. Saupi mulai dari pengolahan tanah hingga panen. Selanjutnya diteruskan dengan melihat beberapa varietas padi yang ada dipertanaman yang diselingi dengan kegiatan diskusi antara petani dan mahasiswa.

Kegiatan berikutnya dilanjutkan ke gapoktan Mertak Jati di Desa Tanah Rarang Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah yang merupakan areal persawahan tadah hujan.  Di tempat ini pemaparan tehnik budidaya disampaikan langsung oleh ketua gapoktan Kamaruddin. Selanjutnya diteruskan dengan melihat kondisi pertanaman yang ada disekitar lokasi yang juga diselingi dengan kegiatan diskusi antara petani dan mahasiswa. Kegiatan kunjungan lapangan berjalan dengan lancar, sebelum kegiatan ditutup dilakukan diskusi antara mahasiswa dan tim UPBS BPTP NTB.  (Sumber : Yuliana Susanti)

Web Analytics