Berita

Gerakan Tanam Kedelai Nasional Di Kabupaten Bima

Pin It

Kedelai merupakan salah satu komoditi pangan yang sangat penting setelah padi dan jagung, diantaranya sebagai sumber olahan bahan makanan sehari-hari oleh masyarakat seperti untuk tahu dan tempe.

Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu dari tujuh provinsi penghasil kedelai di Indonesia. Gerakan pengembangan kawasan kedelai Nasional di Nusa Tenggara Barat dilaksanakan, Senin (01/7/2013)  di kelompok tani Lambe Jungge, Desa Bontok Ape Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.

Hadir dalam kegiatan ini Direktur Aneka Kacang-kacangan dan Umbi-umbian Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bapeluh Provinsi Nusa Tenggara Barat, BPTP NTB, Bupati beserta jajarannya, Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Bima, Dinas dan instansi terkait tingkat Kecamatan Bolo beserta petani pelaksana dan kelompok tani-kelompok tani yang ada di Kecamatan Bolo.

Gerakan Pengembangan Kawasan ini dilaksanakan pada luasan 500 ha dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas nasional guna memenuhi kebutuhan masyarakat, dan diharapkan produksinya dapat mencapai minimal 1,5 ton/ha dan dapat dijadikan sebagai benih sumber guna mendukung swasembada kedelai 2014.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai model penanaman untuk budidaya tanaman kedelai yang bisa dicontoh/ditiru dan dikembangkan di kawasan-kawasan yang lain oleh petani kedelai.  (Sumber: H. Noor Inggah dan Yuli Yarwati)

Web Analytics