Berita

Praktek Budidaya Tanaman Hortikultura Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo Di Kebun Bibit Induk M-KRPL BPTP NTB

Pin It

Dalam rangka peningkatan pengetahuan dan wawasan, mahasiswa semester VI (enam) dari Universitas Negeri Gorontalo, berjumlah 65 orang, 3 Dosen pembimbing sebagai pendamping mahasiswa dipimpin Dr. Nurdin, mengadakan kunjungan ke BPTP NTB, Rabu (29/05/2013). Dr. Nurdin mengucapkan terima kasih atas kesediaan BPTP NTB  menerima kunjungan mahasiswa dari Universitas Negeri Gorontalo. Dari kunjungan ini diharapkan mahasiswa dapat menambah wawasan pengetahuan. Selanjutnya  rombongan  mahasiswa dipandu oleh Baiq Tri Ratna Erawati, SP.,M.Sc  mengunjungi Kebun Bibit Induk (KBI) M-KRPL untuk melakukan praktek budidaya tanaman hortikultura di KBI.

Praktek budidaya tanaman hortikultura ini meliputi kegiatan: penyiapan media tanam, persemaian, pengendalian OPT secara hayati, dan perbenihan tanaman hortikultura. Dalam kegiatan penyiapan media tanam, mahasiswa diberikan pilihan tentang alternatif media yang digunakan seperti kompos dari daun, kompos dari kotoran sapi, sekam, dll, menurut salah satu narasumber hal tersebut agar pengguna bisa memilih media persemaian yang mudah diperoleh di sekitar dan murah. Dalam praktek pengendalian OPT, mahasiswa diajarkan cara membuat pestisida dari bahan-bahan yang mudah didapat seperti : daun pepaya, daun sirsak, daun tembakau, dan bawang putih. Menurut narasumber (Yurista Sulistyawati, SP) dengan menggunakan bahan alami maka keamanan dan mutu produk sayur dan buah lebih terjamin, selain itu frekuensi dan waktu aplikasinya bisa kapan saja karena aman terhadap kesehatan serta lingkungan.

Pada praktek perbenihan tanaman, mahasiswa diajak untuk membuat benih tomat dan cabe, narasumber (Bq. Tri Ratna Erawati, SP.,M.Sc) menjelaskan: perbenihan ini bisa digunakan dalam skala kecil (rumah tangga) karena jika untuk skala besar petani harus menggunakan benih berlabel, kegatan perbenihan mandiri ini bisa diterapkan untuk kegiatan rumah tangga (pemanfaatan pekarangan). Mahasiswa diajarkan mengenali buah/biji yang layak digunakan sebagai benih, dan tahapan perlakuan yang dilalui dalam proses tersebut sampai menjadi benih.

Salah satu peserta mengatakan, kegiatan praktek ini sangat menarik, karena mereka selama ini mengetahui kegiatan tersebut melalui teori dari mata kuliah yang mereka terima, dan sangat relevan dengan mata kuliah hortikultura dan teknologi benih. Setelah melakukan praktek di Kebun Bibit Induk (KBI), rombongan diajak berkeliling melihat di lokasi visitor plot Kebun Percobaan Narmada BPTP NTB yang dipandu langsung oleh Penanggung Jawab Kebun Percobaan Narmada (Abdul Ghaffar, SP). Umumnya mereka antusias melihat dan bertanya cara budidaya tanaman yang ada di KP, terutama tentang ubi cilembu yang menjadi salah satu koleksi KP Narmada.  Diharapkan kegiatan kunjungan ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk mengembangkan ide kreativitas mahasiswa tentang budidaya tanaman hortikultura melalui observasi langsung.  (Sumber : Eni Fidiyawati).

Web Analytics