Berita

Panen VUB Padi Melalui Metode PVS (Partisipatory Variety Selection) Di Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara

Pin It

Bertempat di kelompok tani Karya Bakti Desa Jenggala Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara, Kamis (23/05/2013), dilaksanakan kegiatan panen padi di Demplot VUB Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) BPTP NTB. Acara dibuka oleh penanggung jawab kegiatan UPBS (Sabar Untung, SP), dalam sambutannya disampaikan terima kasih kepada anggota kelompok tani yang mau bekerjasama dalam Demplot VUB.

Acara dilanjutkan dengan penjelasan tentang VUB Padi oleh narasumber (Lalu Wirajaswadi, M.Ed), dalam penjelasnnya disampaikan petani di Kecamatan Jenggala ini merupakan petani yang beruntung karena VUB Padi Inpari 18, 19, 21, dan 24 pertama kali ditanam di Kecamatan Jenggala untuk Provinsi NTB. Lebih lanjut disampaikan metode yang digunakan oleh BPTP NTB  dalam penyebaran VUB Padi menggunakan pendekatan PVS (Partisipatory Variety Selection), yaitu peneliti, penyuluh, dan petani bekerjasama dalam kegiatan dengan kedudukan yang sama, kemudian sebagai pengguna VUB, petani diajak untuk melihat dan akhirnya menentukan pilihan VUB yang dipilih tanpa ada intervensi dari peneliti maupun penyuluh BPTP NTB.

Petani menyambut baik pejelasan dari nara sumber dan sangat berterimakasih dengan metode PVS, karena petani merasa diikutsertakan dalam pengambilan keputusan sesuai dengan kemampuan dan keinginan petani. Acara dilanjutkan dengan tanya jawab tentang padi dan VUB yang baru dikembangkan di NTB. Petani sangat antusias mengikuti diskusi, dan mengajukan berbagai pertanyaan, seperti penanggulangan hama penyakit, penggunaan pupuk organik dll.

Setelah kegiatan tanya jawab dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi Demplot untuk Inpari 23, 24, dan 25. Dilokasi diketahui ada petani yang sangat menyukai varietas Inpari 25 karena gabah yang besar dan sangat banyak, akan tetapi ada juga yang menyukai Varietas Inpari 23 dengan alasan yang berbeda. Pada akhirnya dengan pendekatan PVS diharapakan petani dapat menentukan pilihan untuk menanam VUB yang diinginkan sesuai dengan kemampuan sehingga dapat mempercepat penyebaran VUB dan peningkatan produktivitas dan produksi padi. (Sumber : Eny Fidiyawati Dan Farida Sukmawati M)

Web Analytics