Berita

Workshop Inisiasi Pembentukan Komisariat Daerah Sumber Daya Genetik (KOMDA SDG) Provinsi NTB

Pin It

Bertepatan dengan Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati  ke V, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Nusa Tenggara  Barat bekerjasama dengan Bappeda Provinsi NTB, Rabu ( 22/05/2013) telah melaksanakan Workshop Inisiasi Pembetukan Komisariat Daerah Sumber Daya Genetik (KOMDA SDG) Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Seperti diketahui Provinsi Nusa Tenggara Barat  (NTB) yang terdiri dari dua pulau besar, yaitu Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa dan terdiri dari  ratusan  pulau-pulau kecil baik yang berpenghuni maupun yang tidak  berpenghuni dan terletak di antara dua tipe iklim, yaitu iklim  basah di bagian Barat dan iklim kering di bagian Timur, membentuk keanekaragaman ekosistem daratan dan ekosistem lautan. Hal itu memungkinkan NTB memiliki sumber daya genetik yang sangat tinggi keanekaragamannya. Keanekaragaman sumber daya genetik tersebut merupakan aset yang berharga dan perlu dikelola untuk kesejahteraan masyarakat.

Mengingat banyaknya stakeholders yang berkepentingan terhadap SDG tersebut maka diperlukan satu wadah yaitu KOMDA SDG  agar masing-masing stakeholders dapat berkoordinasi, share informasi dan  pemikiran  untuk pengelolaan SDG yang lebih baik lagi. Secara eksplisit  KOMDA SDG bertujuan :

  1. Menyampaikan saran kepada Tim pengarah Komisi Daerah Sumber Daya Genetik mengenai pelaksanaan dan pengaturan pelestarian dan pemanfaatan Sumber Daya Genetik;
  2. Memberikan masukan kepada Tim pengarah Komisi Sumber Daya Genetik dalam rangka koordinasi perumusan kebijakan pengelolaan dan pelestarian Sumber Daya Genetik;
  3. Memberikan masukan kepada Tim pengarah Komisi Sumber Daya Genetik dalam rangka koordinasi perumusan kebijakan pengelolaan dan pelestarian Sumber Daya Genetik;
  4. Mempromosikan pentingnya Sumber Daya Genetik dan konservasi Sumber Daya Genetik termasuk pemanfaatannya;
  5. Melaporkan pelaksanaan kegiatan kepada pengarah Komisi Daerah Sumber Daya Genetik;
  6. Menyusun Tata Kerja Komisi Daerah Sumber Daya Genetik.

Workshop yang dibuka oleh Kepala Bappeda Provinsi NTB Dr. Ir. Rosiady Sayuti, diikuti oleh 50 stakeholders dari berbagai lembaga dan kalangan yaitu beberapa SKPD terkait, Balai Karantina Pertanian Kelas I Mataram, Lembaga Penelitian dari berbagai Perguruan Tinggi di NTB, LSM pemerhati lingkungan, para peneliti dari BPTP NTB dan dari Balai Penelitian Bukan Kayu dan Hasil Hutan serta tokoh masyarakat setempat. Penyampaian materi workshop dimulai dengan  pemaparan akan pentingnya pembentukan KOMDA SDG Provinsi NTB oleh Dr. M. Sabran (Koordinator Kebijakan dari KOMNAS  SDG) dan Overview Pengelolaan SDG di Provinsi NTB dari Badan Lingkungan Hidup dan Penelitian Propinsi  NTB.   Sebagai acara inti maka pembahasan tentang Pembentukan KOMDA SDG yang disampaikan oleh Pejabat yang mewakili Kepala BPTP NTB (Ir. Sofyan Souri) telah melahirkan Draft SK Gubernur NTB tentang Pembentukan KOMDA SDG Provinsi NTB beserta keanggotaanya.

Pembentukan KOMDA SDG Provinsi NTB akan menambah jumlah KOMDA SDG yang ada hingga 20 KOMDA SDG di seluruh Indonesia.  Perjalanan KOMDA SDG Prov. NTB  masih sangat panjang, dalam waktu dekat tentunya KOMDA SDG Prov.  NTB mestinya bisa melakukan pertemuan kembali untuk membicarakan program-program kerjanya dan secara prioritas dapat dilaksanakan agar pengelolaan SDG NTB  berjalan lebih baik lagi. Dengan harapan besar maka  bertepatan dengan    Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati (The International Day for Biological Diversity) dengan berbagai liku sejarah dan pelaksanaannya ini semoga KOMDA SDG Prov. NTB  mampu menumbuhkan kecintaan seluruh manusia di Bumi Gora terhadap biodiversitas (keanekaragaman hayati) di bumi yang kita cintai.  (Sumber : Muji Rahayu)

Web Analytics