Berita

Pelatihan Pembuatan Persemaian Perbenihan Tanaman Sayuran

Pin It

Tim M-KRPL Melalui kegiatan KBD (Kebun bibit Desa) BPTP NTB melaksanakan kegiatan pelatihan perbenihan sayuran pada kelompok tani Bersatu Desa Lendang Lekong Kecamatan Sandubaya Kota Mataram, pada Senin (15/05/2013).

Pelatihan Perbenihan sayuran ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan kepada kelompok wanita tani bagaimana cara membuat benih secara mandiri atau benih diproduksi sendiri secara langsung oleh petani dengan memanfaatan benih sayuran seperti : cabe, tomat atau tanaman sayuran yang mudah mereka dapatkan sehari-hari.

Pembuatan benih sayuran diharapkan dapat dilakukan oleh kelompok wanita tani agar kebutuhan akan sayuran di pekarangan tidak harus bergantung dari benih sayuran yang dikemas (berlabel) di jual di toko-toko. Selama pelatihan berlangsung nampak anggota kelompok tani dengan penuh semangat mengikuti pelatihan ini. Kelompok wanita tani mempraktekkan secara langsung cara membuat dan memindahkan persemaian benih sayuran yang ditempatkan dalam pottrey.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan melakukan pemindahan benih sayuran yang ada di media persemaian kemudian diletakan di KBD bersama anggota kelompok wanita tani.

Di dalam Kebun Bibit Desa para kelompok wanita tani melaksanakan kontrol terhadap pertanaman dengan melakukan penyiraman, penyiangan, dan kontrol pertumbuhan tanaman lainnya seperti timun, jagung, dan kangkung. Selanjutnya di lakukan diskusi dan tanya jawab dengan kelompok wanita tani. (Sumber : Nani Herawati)

Web Analytics