Berita

Praktek Kerja Anggota TNI Dari Korem 162 / WB Di BPTP NTB

Pin It

Sebanyak 17 orang anggota TNI dari Korem 162 / WB melakukan praktek kerja di BPTP NTB selama 3 (tiga) hari mulai (25-27/04/2013), yang dipimpin oleh Pelda. Inf. Wahyudi. Rombongan diterima oleh Kasubag TU BPTP NTB Ir. Sofyan Souri di Ruang Sidang BPTP NTB, dalam sambutannya beliau menyampaikan salam dari Kepala BPTP NTB Dr Ir. Dwi Praptomo S, MS. Diharapkan praktek kerja ini dapat mensukseskan kegiatan M-KRPL di lingkungan Batalyon 742 / SWY, selanjutnya agar selama di BPTP NTB rombongan dapat mengambil pengetahuan tentang teknik budidaya tanaman pekarangan, aneka ternak, dan tanaman pangan.

Selanjutnya rombongan langsung menuju KBI (Kebun Bibit Inti). Mereka melakukan praktek pembuatan media persemaian, pembuatan bedengan, penyiapan benih tanaman, serta melakukan persemaian. Di KBI mereka antusias mengikuti teori dan melakukan praktek tentang materi yang disampaikan, sehingga ilmu yang diperoleh bisa langsung diterapkan. Rombongan antusias mengikuti semua rangkaian kegiatan di KBI dan mereka banyak mengajukan pertanyaan seputar beberapa jenis tanaman yang baru mereka jumpai di KBI seperti : pisang kapok tanjung (pisang tanpa jantung), selada merah, sedap malam, dan cabai mutiara.

Hari kedua rombongan anggota TNI melakukan kegiatan di visitor plot aneka ternak yang didampingi langsung oleh penanggungjawab kegiatan Totok B Julianto, S.Pt. Disini mereka diberikan teori dan langsung praktek tentang pembuatan kompos dari limbah ternak (kotoran sapi, dan ayam) dari bahan Biotriba dan Stardec dan kompos yang digunakan juga berbeda. Selain itu juga mempelajari tentang teknik pemberian pakan dan jenis pakan yang diberikan pada sapi, kambing, dan ayam yang diberi selingan pakan hijauan berupa lamtoro, kelor, maupun bayam hijau. Selanjutnya rombongan juga diajak berkunjung ke kandang ayam KUB (Kampung Unggul Balitbang) dan praktek membuat penetasan telur dari kardus, mereka sangat antusias mengembangkan ayam tersebut di lingkungan tempat tinggal mereka.

Hari terakhir rombongan anggota TNI, melakukan kegiatan di demplot tanaman pangan, disini mereka praktek tentang cara budidaya tanaman pangan antara lain: padi, kedelai, jagung, kacang tanah, kacang hijau, dan ubi cilembu. Rombongan TNI tersebut sangat berterimakasih tentang adanya praktek magang kerja tentang budidaya tanaman dan ternak di BPTP NTB ini, karena memberikan pandangan dan memberian wawasan baru tentang dunia pertanian yang selama ini asing bagi mereka, ternyata cukup menyenangkan dan dapat digunakan sebagai usaha sampingan untuk mensejahterakan kehidupan keluarga mereka disamping sebagai seorang prajurit.  (Sumber : Eni Fidiyawati & Totok B Julianto)

Web Analytics