Berita

Pelatihan Pembuatan Kompos Di Gapoktan Rinjani Permai Desa Sukadana Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur

Pin It

Tim pengkajian alternatif usaha tani pengganti tanaman tembakau  BPTP NTB, Selasa, (23/04/2013) di Gapoktan Rinjani Permai Desa Sukadana Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur, melaksanakan pelatihan pembuatan kompos  dari kotoran ayam. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan sekaligus praktik  kepada anggota kelompok tani bagaimana cara membuat kompos.  Sesuai dengan arahan dari Badan Litbang Pertanian bahwa pertanian saat ini harus mengarah pada pertanian ramah lingkungan yang memberikan masukan dan input pertanian berupa bahan organik yang bermanfaat bagi tanaman serta memanfaatkan berbagai bahan organik yang berada di kelompok tani sehingga petani tidak terlalu kesulitan dalam mendapatkannya. Kegiatan pelatihan ini di pandu oleh peneliti dan penyuluh dari BPTP dan dihadiri oleh seluruh anggota kelompoktani.

Pelatihan pembuatan kompos ini merupakan salah satu tahapan yang dilakukan dalam kegiatan pengkajian alternatif usaha tani pengganti tanaman tembakau kerjasama BPTP NTB dan kelompok tani. Materi pelatihan meliputi penyiapan bahan berupa kotoran ayam sebanyak 1 ton dicampur dengan Biotriba yang dilarutkan dalam air sebanyak 2 liter.

Pembuatan kompos dari kotoran ayam merupakan alternatif penyediaan bahan organik yang mudah dilakukan mengingat dilokasi ini banyak peternak ayam dan kotorannya tidak dimanfaatkan secara optimal. Dengan diprosesnya kotoran ayam menjadi kompos diharapkan dapat membantu petani dalam penyediaan pupuk organik sendiri dan tidak bergantung lagi dari luar. Biotriba sebagai pengurai/decomposer memiliki kelebihan diantaranya para petani tidak terlalu kesulitan dalam melakukan bolak balik terhadap kompos yang dibuat. Selama pelatihan berlangsung nampak anggota kelompok tani dengan penuh semangat  mengikuti pelatihan ini. (Sumber : Nani Herawati).

Web Analytics