Berita

Pelatihan Penyusunan Peta Pewilayahan Komoditas Pertanian Regional I

Pin It

BPTP NTB menjadi salah satu peserta pelatihan penyusunan peta pewilayahan komoditas pertanian berdasarkan AEZ pada skala 1:50.000. Kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari (16-20/04/2013) di Bogor (Regional I) dan akan diikuti dengan regional II di Riau dan Regional III di Sulawesi Selatan. BPTP NTB bersama BPTP Kalbar, Kalteng, Kalsel, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali dan NTT mengikuti acara bersama pihak Pemda dan perguruan tinggi di wilayah masing-masing (NTB : BAPPEDA Provinsi NTB & UNRAM) dengan tujuan untuk mencapai persamaan persepsi, pemahaman dan konsepsi dari pewilayahan komoditas pertanian dengan pendekatan dan metodologi yang sama.

Penilaian kesesuaian lahan sebagai dasar untuk menyusun peta pewilayahan komoditas pada berbagai agro-ekologi zone merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pemanfaatan peta AEZ secara operasional. Dr. Muhrizal Sarwani MSc. sebagai Kepala Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian (BBSDLP) pada pembukaan acara menyampaikan arahan bahwa penyusunan peta pewilayahan dengan skala 1:50.000 yang dibangun dari peta skala 1:250.000 tidak mungkin bisa diselesaikan oleh BPTP tanpa bekerjasama dengan Pihak Pemerintah Daerah dengan Perguruan Tinggi sebagai supliyer data atribut, disamping tugas BBSDLP sebagai penyedia meta data.

Materi-materi yang disampaikan pada acara ini meliputi konsep dasar klasifikasi tanah, evaluasi lahan dan pewilayahan komoditas, pengenalan program GIS (Arcview, ArcGIS, RMapper, dll), modul penyusunan peta penggunaan lahan, modul evaluasi lahan, modul pewilayahan komoditas, modul penggunaan GPS, praktek lapangan dan penyusunan laporan. Diharapkan melalui kegiatan ini, proses penyediaan data dan informasi sumberdaya lahan dapat cepat tersedia dalam rangka mendukung pemanfaatan perencanaan dan pengembangan kawasan pertanian. (Sumber : Fitria Z)

Web Analytics