Berita

Sosialisasi M-KRPL di Desa Lajut, Lombok Tengah

Pin It

Sosialisasi M-KRPL di Desa Lajut, Lombok Tengah telah dilaksanakan pada 15/03/2013 bertempat di Pondok Pesantren An-Nadwah Al-Yamini. Sosialisasi dihadiri lebih dari 70 orang, yang terdiri atas pengurus dan anggota kelompok tani Ingin Maju, Dusun Ngolak dan para santri. Hadir pada kesempatan tersebut Ir. Hasanuddin, Penyuluh Pertanian pada Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian Kabupaten Lombok Tengah, Kepala Desa Lajut, PPL dan tokoh masyarakat setempat. Tim M-KRPL BPTP NTB yang hadir adalah Dr. Moh. Nazam, Ir. Ahmad Muzani, B. Tri Ratna Erawati, Ir. Prisdiminggo, Dra. Sri Ruspandari. Acara sosialisasi dipandu oleh PPL Desa Lajut Zainal Abidin, SP.

Acara diawali dengan menunjukkan rekaman video keberhasilan M-KRPL yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani Anggrek Ungu, Kota Mataram yang telah disiarkan TV-9. Selanjutnya Penjab M-KRPL BPTP NTB Dr. Moh. Nazam menjelaskan latar belakang, tujuan dan manfaat yang dapat diperoleh apabila petani dapat menerapkan M-KRPL dengan baik. Menurut Nazam, M-KRPL adalah upaya mengintensifkan pemanfaatan pekarangan dengan berbagai jenis tanaman, seperti sayuran, tanaman pangan, buah-buahan, untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga. Pekarangan adalah salah satu potensi sumberdaya yang selama ini belum dimanfaatkan secara optimal oleh kebanyakan masyarakat NTB, termasuk di Dusun Ngolak. Pekarangan yang dikelola secara baik akan memberikan manfaat yang besar bagi kesejahteraan rumah tangga dan masyarakat, selain dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga sehari-hari, juga dapat menghasilkan uang serta menjadikan pekarangan menjadi tempat yang sejuk, indah dan nyaman. Selain itu memanfaatkan sumberdaya yang tersedia secara optimal merupakan bagian dari cara kita mensyukuri nikmat Allah yang diberikan kepada kita.

Nazam mengharapkan agar komoditas M-KRPL diutamakan jenis tanaman yang paling disukai masyarakat setempat antara lain komak (koro), labu, turi, kelor serta tanaman lokal yang sudah mulai punah, seperti uwi, talas, dan lain-lain.

PPL dan tokoh masyarakat setempat menyampaikan terima kasih kepada BPTP NTB yang telah menetapkan Kelompok Tani Ingin Maju sebagai kelompok binaannya, dan berjanji siap bekerjasama dalam membangun M-KRPL di wilayahnya. Pada kesempatan tersebut BPTP NTB menyerahkan bahan sarana produksi dan pendukung kegiatan, berupa benih sayuran sebanyak 14 jenis, 25 kg polibag dan bahan pendukung pembibitan. (Moh. Nazam).

Web Analytics