Berita

Pelatihan Pembibitan Tanaman Sayuran Bersama Anggota TNI

Pin It

Tim M-KRPL BPTP NTB pada Jum’at (12/04/2013) melaksanakan pelatihan pembibitan tanaman bagi 76 anggota TNI pada Batalyon Infanteri 742 / SWY NTB, dipimpin Komandan Kompi Markas (Dankima) Lettu Inf. L. Agus Mahayadi serta Kasi Teritorial Korem 162 /WB Mayor Djanuardi.

Pelatihan merupakan salah satu tahapan implementasi M-KRPL kerjasama BPTP NTB dan Korem 162 / WB. Materi pelatihan meliputi penyiapan media tanam  berupa campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 1:1.  Campuran media tanam selanjutnya dimasukkan dalam wadah pembibitan seperti: potray, polibag, baki, balok kayu, gelas air mineral bekas dan sebagainya. Kemudian bibit disemaikan dalam wadah pembibitan. Untuk wadah berupa potray, polibag, dan gelas air mineral bekas diisi dengan benih satu biji per lubang. Sedangkan media berupa balok, baki ditempatkan secara disebar dalam  larikan dengan jarak tanam tertentu.

Benih yang baru ditanam sebaiknya disiram menggunakan handsprayer untuk mencegah keluarnya benih dari media. Media yang sudah berisi benih diletakkan di dalam rumah bibit atau tempat yang teduh. Menurut Peneliti BPTP NTB tidak semua benih harus melalui persemaian terlebih dahulu, ada juga yang dapat ditanam langsung, seperti oyong (gambas), paria, mentimun, kacang panjang, dan kecipir.

Selama pelatihan berlangsung nampak anggota TNI mengikuti dengan seksama, antusiasme TNI terlihat dari berbagai pertanyaan yang diajukan mengenai teknik-teknik pembibitan, tempat pembibitan, jenis benih yang ditanam.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan membuat pagar pekarangan dari bambu setinggi ± 1 m untuk mencegah gangguan ternak, seperti kambing, itik dan ayam. Diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan ini pengetahuan anggota tentang teknologi budidaya tanaman di pekarangan meningkat.  (Sumber : Eni Fidiyawati).

Web Analytics