Berita

Farmer Visit Provinsi Lampung ke Lokasi Kerjasama ACIAR di Kabupaten Lombok Utara

Pin It

Dalam rangka melihat secara langsung proyek penelitian kerjasama antara Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTB dengan Australia Centre for International Agricultural Research (ACIAR), para peternak dari Provinsi Lampung mengadakan kunjungan ke salah satu lokasi kegiatan pengkajian kerjasama BPTP NTB dengan ACIAR yang ada di Kelompok Tani Ternak ”Ngiring Datu” Dusun Karang Kendal Desa Genggelang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara pada Rabu (10/04/2013). Kunjungan diikuti oleh 11 orang peserta yang terdiri dari BPTP Lampung 1  orang, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Tulang Bawang Barat 1 orang, Disnakkan Lampung Tengah 1 orang, Junior Scientist 2 orang dan, peternak 6 orang. Tujuan kunjungan dari Provinsi Lampung ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang ternak sapi dalam pengembangan inovasi teknologi dan untuk melihat dan mempelajari manajemen sapi dan hijauan pakan ternak di lokasi penelitian kerjasama ACIAR lainnya dan mereka ingin mengadopsi teknologi yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dr. Ir. Tanda S Panjaitan menjelaskan kegiatan pengkajian kerjasama ACIAR ini mengangkat penggunaan pakan legum pohon, dalam hal ini turi dan lamtoro untuk penggemukan sapi dan perbaikan manajemen pakan.

Dalam sehari ternak sapi diberikan pakan 5 kg per hari yang ditambah gamal, turi dan rumput lapangan dan dilakukan juga penyimpanan jerami untuk stok. Dijelaskan juga untuk penyapihan anak sapi dilakukan ketika berumur 5 bulan mulai disapih, tidak menyusui lagi.

Jumlah anggota Kelompok Tani-Ternak ‘’ Ngiring Datu’’ yang berjumlah sebanyak 80 orang. Kelompok menerapkan teknik mengawinkan 79 ekor induk sapi dengan satu ekor pejantan unggul. Hasilnya hampir semua induk sapi bunting dan melahirkan satu ekor anak sapi dalam satu tahun. Sistem ini disebut S3 (satu induk, satu anak satu tahun),

Berkat teknologi tersebut jumlah populasi sapi milik Kelompok Tani-Ternak ‘’ Ngiring Datu’’ berkembang menjadi 214 ekor.

Kepala BPTP NTB Dr. Ir. Dwi Praptomo S.,MS menjelaskan, kunjungan ini sebagai media pembelajaran dan pengalaman bagi para peternak sapi dari Lampung. Perkembangan ternak sapi  di kelompok Tani Ternak Ngiring Datu ini cukup bagus. BPTP NTB sendiri  memberikan pendampingan kepada kelompok ternak di Kecamatan Gangga, tersebut sebagai salah satu bentuk dukungan dan perhatian atas keberhasilan dan kemajuan kelompok tani ternak ini.

Selain memberikan paket teknologi kepada kelompok tani-ternak, pihaknya juga melayani kegiatan pos pelayanan terpadu (Posyandu) sapi setiap sebulan sekali. Tujuannya untuk mengetahui kondisi kesehatan sapi milik peternak.

Dalam kunjungan tersebut, peserta dan rombongan yang di dampingi oleh Kepala BPTP NTB Dr.Ir. Dwi Praptomo S.,MS dan Dr.Ir. Tanda S Panjaitan selaku penanggung jawab kegiatan ACIAR, diajak berkeliling kandang kelompok sambil berdiskusi dengan ketua kelompok ternak, dan stakeholder lainnya.

Salah seorang peserta menyatakan bahwa banyak hal bermanfaat yang diperoleh dari kunjungan ke Provinsi NTB ini, terutama di Kelompok Tani Ternak Ngiring Datu dengan teknologi S3 (satu induk satu anak satu tahun) dan Posyandu Sapi yang dapat dilaksanakan oleh masyarakat NTB dan akan diterapkan di Provinsi Lampung.   (Sumber : Farida Sukmawati M).

Web Analytics