Berita

BPTP NTB dan PKK Lombok Utara Kerjasama Membangun M-KRPL di Desa Rempek, Lombok Utara

Pin It

BPTP NTB dan PKK Lombok Utara kerjasama membangun M-KRPL di Desa Rempek, Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Hal tersebut diungkapkan Penanggung Jawab M-KRPL BPTP NTB Dr. H. Moh. Nazam, SP.M.Si dan Ibu Ketua PKK Lombok Utara Hj. Galuh Nurdiyah Djohan pada acara sosialisasi M-KRPL di Dusun Lempenge Desa Rempek, pada  Rabu (03/04/2013). Acara sosialisasi yang dihadiri 40 orang pengurus dan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati Dusun Lempenge Desa Rempek, juga hadir Kepala Dusun Lempenge Mursidin, dan Ketua Pokja 3 PKK Lombok Utara Aluh Nursehan, berlangsung sederhana namun penuh keakraban.

Acara dimulai dengan menunjukkan keberhasilan M-KRPL yang dilakukan oleh Kelompok Tani Karya Harum, Lombok Tengah dan KWT Anggrek Ungu, Kota Mataram melalui pemutaran video yang telah disiarkan TVRI dan TV-9. Selanjutnya Penanggung Jawab M-KRPL menjelaskan latar belakang, tujuan, dan manfaat yang dapat diperoleh dengan menerapkan M-KRPL. Menurut Nazam, M-KRPL adalah upaya mengintensifkan pemanfaatan pekarangan dengan berbagai jenis tanaman, seperti sayuran, tanaman pangan, buah-buahan, untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga. Pekarangan adalah salah satu potensi sumberdaya yang selama ini belum dimanfaatkan secara optimal oleh kebanyakan masyarakat NTB. Luas pekarangan di NTB pada tahun 2010 tercatat sekitar 44.200 ha lebih, jika potensi yang cukup besar tersebut dimanfaatkan dan dikelola secara baik akan memberikan manfaat yang besar bagi kesejahteraan rumah tangga dan masyarakat, selain dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga sehari-hari, juga dapat menghasilkan uang serta menjadian pekarangan menjadi tempat yang sejuk, indah dan nyaman. Berbagai jenis tanaman buah dan sayur yang sudah dikenal masyarakat selain mengandung gizi yang tinggi, juga berkhasiat sebagai obat berbagai jenis penyakit.

Ketua PKK Lombok Utara pada kesempatan tersebut mengajak masyarakat berbuat sesuatu untuk membangun masa depan yang lebih baik. Salah satu caranya adalah melalui pemanfaatan pekarangan rumah masing-masing untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, jangan hanya bisanya beli saja, tetapi mari kita produksi sendiri. Ibu Galuh juga mengajak para remaja untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan dengan membentuk kelompok remaja dan membuat aktivitas yang produktif, misalnya membuat jajan-jajanan, mengelola kebun secara berkelompok, membentuk koperasi produktif, dan lain-lain, sehingga jika ada program pemerintah untuk kegiatan yang berkaitan dengan hal tersebut dapat dengan mudah disalurkan. Pada akhir arahannya Ketua PKK Lombok Utara menyampaikan terima kasih kepada BPTP NTB yang telah berkenan membantu pemerintah Lombok Utara dalam pembangunan khususnya melalui program M-KRPL ini. BPTP NTB akan membantu kita dalam pengawalan teknologi mulai dari penyiapan media tanam, pembibitan dan pemeliharaan dan bahkan pengolahan hasil apabila hasilnya berlimpah.  Hj. Galuh Nurdiyah Djohan berjanji akan memberikan insentif yang baik bagi rumah tangga yang tampilan pekarangannya terbaik.  (Sumber : Moh. Nazam).

Web Analytics