Berita

Sosialisasi M-KRPL di Kelurahan Mandalika Kota Mataram

Pin It

Sosialisasi program M-KRPL untuk masyarakat Kelurahan Mandalika, Kota Mataram telah dilaksanakan di Kantor Lurah Mandalika, Kecamatan Sandubaya Kota Mataram pada Selasa (02/03/2013). Sosialisasi dihadiri Pengurus dan Anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Bersatu, Kepala Lingkungan se Kelurahan Mandalika, staf Kelurahan Mandalika dan PPL BP3K Kecamatan Sandubaya. Acara yang dihadiri 60 orang peserta tersebut dibuka Lurah Mandalika yang diwakili Nurul Hakim, Kaur Perekonomian, Kelurahan Mandalika. Dalam sambutannya Lurah Mandalika menyampaikan terima kasih kepada BPTP NTB yang telah memilih Kelurahan Mandalika sebagai lokasi kegiatan M-KRPL TA. 2013 dan siap memberikan dukungan yang diperlukan guna mensukseskan program M-KRPL di wilayahnya.

Penjelasan M-KRPL disampaikan Penanggung Jawab M-KRPL BPTP NTB, Dr. Moh. Nazam yang menekankan pentingnya M-KRPL bagi ketahanan pangan rumah tangga dan masyarakat. Ada tiga isu global terkait dengan isu nasional yang menjadi tantangan masa depan, yaitu isu masalah pangan, energi dan lingkungan. Tantangan dalam penyediaan pangan adalah masalah pertumbuhan penduduk yang masih tinggi, berkurangnya lahan pertanian akibat penggunaan ke non pertanian. Selain itu masalah perubahan iklim yang semakin tidak menentu, dimana sektor pertanian adalah yang paling rentan terkena dampak perubahan iklim, antara lain akibat terjadinya banjir, kekeringan dan meningkatnya serangan hama pengganggu tanaman.

Salah satu potensi sumberdaya yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ketahanan pangan rumah tangga dan masyarakat adalah pemanfaatan lahan pekarangan. Lahan pekarangan dapat menghasilkan aneka pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga sehari-hari apabila dimanfaatkan untuk budidaya sayuran, buah-buhan, tanaman obat keluarga, ternak, dan ikan. Berdasarkan data statistik, luas pekarangan di NTB tercatat sekitar 44.200 ha lebih, dan lahan pekarangan belum dimanfaatkan secara optimal. Jika potensi yang cukup besar tersebut dikelola secara baik akan memberikan manfaat yang besar, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi rumah tangga, juga berfungsi sebagai wahana konservasi sumberdaya genetik pangan dan tanaman obat lokal, serta penanganan anomali iklim.

Kelurahan Mandalika memiliki keunggulan tersendiri dalam mengembangkan M-KRPL karena lokasinya terletak di pinggiran perkotaan dan dekat dengan Pasar Induk Mandalika, sehingga produk-produk M-KRPL, seperti cabai, tomat, sawi, kangkung dapat lebih mudah dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat perkotaan. Selain itu penataan pekarangan yang baik akan memberikan suasana yang indah serta dapat meredam polusi udara di lingkungan rumah tangga.

Berbagai pertanyaan muncul sebagai ekpresi antusiasme masyarakat Mandalika untuk mengembangkan M-KRPL di lingkungannya. PPL Kelurahan Mandalika Theodore Junita, SP mengajak masyarakat agar berpartisipasi aktif mensukseskan dan mendampingi masyarakat dalam pelaksanaan program ini. Lahan untuk Kebun Bibit Desa akan memanfaatkan lahan kosong milik swasta dan saat ini lahan tersebut sudah diolah secara gotong royong oleh masyarakat. Sedangkan rumah bibit akan segera dibangun, karena bahan-bahannya sudah tersedia berupa bambu, paranet dan waring serta pupuk kandang.  (Sumber : Eni Fidiyawati dan Moh. Nazam).

Web Analytics