Berita

Sosialisasi M-KRPL Di Desa Rempek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara

Pin It

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP NTB) berperan serta dalam mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia melalui program M-KRPL (Model Kawasan Rumah Pangan Lestari) yang dititik beratkan melalui pemanfaatan pekarangan untuk menunjang pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga. Salah satu lokasi M-KRPL di Kabupaten Lombok Utara (KLU) tahun 2013 berada di Desa Rempek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara.

Salah satu langkah untuk mensukseskan kegiatan M-KRPL adalah dengan dilakukan sosialisasi tentang M-KRPL yang dilaksanakan di kantor Desa Rempek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara pada Selasa (26/03/2013). Acara dihadiri ± 50 orang yang terdiri dari Ketua PKK Kabupaten Lombok Utara (Ny. Hj. Galuh), Camat Gangga, Kepala Desa Rempek, 16 Kadus se-Desa Rempek, Anggota PKK Desa Rempek, dan perwakilan KWT Se- Desa Rempek.

Acara dibuka oleh sambutan penerimaan dari Kadus Rempek Rinadim, menyampaikan terimakasih kepada BPTP NTB yang memilih Desa Rempek sebagai lokasi kegiatan pemanfaatan pekarangan, dan diharapkan semua warga masyarakat berpartisipasi untuk mensukseskan kegiatan ini. Acara dilanjutkan dengan pengarahan Ketua tim penggerak PKK KLU (Ny. Hj. Galuh) dalam sambutannya berharap, dengan adanya kegiatan M-KRPL yang diinisiasi BPTP NTB dapat ditingkatkan akses rumah tangga terhadap pangan, sehingga dapat menekan angka gizi buruk dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Selain itu beliau juga menambahkan dengan adanya kegiatan ini prestasi KLU sebagai juara I Se-NTB lomba “HATINYA PKK” dapat dipertahankan.

Acara inti yaitu penyampaian materi tentang M-KRPL oleh Tim BPTP NTB yang diwakili oleh Ir. A. Muzani, dalam paparannya menjelaskan tentang dasar dan latar belakang program M-KRPL, tujuan dan luaran kegiatan tersebut yang diantaranya adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, dan proses diversifikasi pangan juga dapat berjalan dengan lebih cepat. Selanjutnya dijelaskan tentang kegiatan M-KRPL yang cukup mudah dilaksanakan karena tersedianya sumberdaya berupa lahan pekarangan dan tanaman sayur, buah, ataupun pengganti karbohidrat (umbi-umbian), tinggal penataannya yang harus diperbaiki dan diatur sedemikian rupa sehingga pemanfaatannya optimal. Lebih lanjut ditambahkan dengan menanam aneka tanaman di pekarangan, manfaat yang diperoleh adalah para ibu-ibu rumah tangga tidak kebingungan mengatur uang belanja karena harga komoditas sayur dan bumbu yang naik, seperti cabai atau bawang, karena tanaman tersebut telah ada dipekarangan.

Antusiasme masyarakat mengikuti rangkaian kegiatan sosialisasi ini dapat dilihat dari komitmen mereka untuk bekerjasama menyukseskan kegiatan ini dengan berpartisipasi aktif dengan bekerja bersama-sama. (Sumber : Eni Fidiyawati dan A. Muzani).

Web Analytics