Berita

TNI AD di Lingkungan Korem 162/Wira Bhakti NTB Mendapat Pembekalan Pengetahuan Praktis Teknologi Pertanian

Pin It

Sejumlah 200 orang Anggota TNI Angkatan Darat di Lingkungan Korem 162/Wira Bhakti NTB mendapat pembekalan pengetahuan praktis teknologi pertanian dari BPTP NTB dan SKPD sektor pertanian terkait. Pembekalan tersebut disampaikan pada Selasa (19/03/2013) bertempat di halaman belakang Markas Korem 162/Wira Bhakti, Jalan Lingkar Selatan Mataram. Pengetahuan praktis pertanian merupakan salah satu materi dalam Acara Pertemuan Pembinaan Teritorial TNI AD di Lingkungan Korem 162/Wira Bhakti NTB yang berlangsung (18-20/03/2013) dan dihadiri para Dandim, Danramil dan Babinsa se NTB, bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para TNI AD bidang pertanian dalam rangka mengoptimalkan pembinaan wilayah teritorial masing-masing.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara Panglima TNI AD dengan Menteri Pertanian RI Nomor : 03/MoU/PP.310/M/4/2012 dan Nomor : NK/9/IV/2012, tanggal 13 April 2012, tentang Perwujudan Ketahanan Pangan Nasional melalui Program Pembangunan Pertanian dengan mensinergikan potensi tugas, fungsi, kewenangan dan program yang ada pada masing-masing institusi.

Materi yang disampaikan dibagi atas empat kelompok, yaitu kelompok peternakan, kelompok perikanan, kelompok kehutanan dan kelompok pertanian. Setiap kelompok materi diikuti 50 orang anggota TNI AD yang dilakukan secara bergantian (rolling) dengan alokasi waktu 30-40 menit per kelompok, sehingga semua anggota mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang sama terhadap semua materi yang disampaikan.

BPTP NTB pada kesempatan tersebut mendemonstrasikan teknik pembuatan pupuk kompos, penyiapan media tanam untuk sayuran dan buah-buhan, teknik pembibitan, pemindahan bibit , dan pemeliharaan tanaman. Selain itu BPTP NTB juga memperkenalkan ayam kampung unggul Badan Litbang Pertanian yang dikenal dengan ayam KUB. Jenis ayam ini adalah ayam kampung yang memiliki pertumbuhan cepat dan telurnya lebih banyak.

Para TNI AD nampak bersemangat mengikuti penjelasan dan demonstrasi teknologi yang disampaikan oleh para peneliti dari BPTP NTB. Mengingat alokasi waktu yang terbatas, maka beberapa anggota TNI AD langsung memparktekkan teknologi yang disampaikan, sehingga proses penyerapan materi yang disampaikan dapat lebih cepat. Untuk melengkapi pengetahuan yang disampaikan, maka BPTP NTB pada kesempatan tersebut menyerahkan benih, bibit beberapa jenis tanaman sayuran serta peralatan pembibitan dan pemeliharaan tanaman serta berbagai publikasi tercetak yang mendukung materi yang disampaikan.   (Sumber : Moh. Nazam).

Web Analytics