Berita

Training Of Trainer Dan Sosialisasi M-KRPL Pada Pengurus Daerah Bhayangkari Se Nusa Tenggara Barat

Pin It

Dalam upaya mempercepat proses pemassalan M-KRPL di Nusa Tenggara Barat (NTB), Balai Pengkajian Teknologi Pertanian NTB dan Pengurus Daerah Bhayangkari NTB menjalin kerjasama dalam mengembangkan M-KRPL di lingkungan perkantoran dan perumahan Polda NTB dan Polres Kabupaten/Kota se NTB. Training of Trainer (TOT) dan Sosialisasi M-KRPL telah dilaksanakan Senin (18/03/2013) bertempat di Gedung Sasana Dharma Polda NTB, diikuti oleh 60 orang Pengurus Daerah dan Cabang Bhayangkari se NTB, bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu anggota Bhayangkari tentang budidaya tanaman di pekarangan.

Ketua Bhayangkari NTB Ny. Novita M. Irawan dalam pengarahannya menyatakan bahwa program M-KRPL adalah program nasional yang harus kita masyarakatkan bersama. Ny Novita mengutif pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Konfrensi Dewan Ketahanan Pangan di Jakarta International Convention Center (JICC) bulan Oktober 2010, menyatakan bahwa ketahanan dan kemandirian pangan nasional harus dimulai dari rumah tangga. M-KRPL harus dikembangkan dengan prinsip: (1) ketahanan dan kemandirian pangan rumah tangga; (2) diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal; (3) konservasi sumberdaya genetik (tanaman, ternak, ikan) untuk pangan masa depan; (4) penciptaan usaha ekonomi produkstif yang berwawasan lingkungan rumah tangga yang hijau, bersih dan sehat. Ketua Bhayangkari NTB mengajak seluruh anggota Bhayangkari NTB untuk mensukseskan program nasional tersebut dengan cara mempraktekkannya di lingkungan masing-masing. Pada akhir pengarahannya Ny Novita menyampaikan terima kasih kepada BPTP NTB atas kerjasamanya yang baik dalam memberikan dukungan teknologi M-KRPL mulai dari penyiapan kebun bibit, media tanam, pembibitan hingga pemeliharaan tanaman.

Selanjutnya Kepala BPTP NTB Dr. Ir. Dwi Praptomo S, MS yang diminta memberikan sambutan menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya khususnya kepada Ketua Bhayangkari yang telah menginisiasi kerjasama dengan BPTP NTB dalam mengembangkan M-KRPL di jajarannya. Kerjasama ini adalah sebagai tindak lanjut dari kunjungan Ketua Bhayangkari ke BPTP beberapa waktu yang lalu. Dikatakan bahwa BPTP adalah UPT Badan Litbang Pertanian yang ditugaskan untuk mengembangkan M-KRPL di daerah. Hingga saat ini BPTP telah mengembangkan M-KRPL sebanyak 8 unit yang tersebar di 8 Kabupaten/Kota se NTB, tahun 2013 direncanakan akan bertambah 20 unit yang akan disebarkan di seluruh Kabupaten/Kota.

Acara TOT dan sosialisasi dilanjutkan dengan peninjauan Kebun Bibit M-KRPL dan Taman M-KRPL. Pada acara peninjauan tersebut BPTP memperagakan beberapa teknologi yang dibutuhkan dalam membangun M-KRPL, yaitu teknik pembuatan pupuk kompos, cara penyiapan media tanam, pembibitan, dan teknik pemindahan bibit ke polybag. Selanjutnya Ketua Bhayangkari melakukan praktek cara pembibitan dan penanaman yang kemudian diikuti oleh para peserta lainnya. Setelah praktek selesai dilakukan penyerahan bibit tanaman secara simbolis dari Ketua Bhayangkari Daerah ke Ketua Cabang se NTB dan dilanjutkan dengan penyerahan benih sayuran dari Dr. Moh. Nazam selaku Penanggung Jawab N-KRPL kepada Ketua Bhayangkari Daerah NTB. Pada akhir kunjungan Ibu Novita bersama peserta lainnya melakukan panen perdana beberapa jenis sayuran yang terdapat di Taman M-KRPL seperti kangkung, sawi, cabai, tomat, terong dan selada. (Sumber : Moh. Nazam)

Web Analytics