Berita

Kunjungan Pejabat Daerah dari Negara Pakistan Di BPTP NTB

Pin It

Balai  Pengkajian Teknologi Pertanian Nusa Tenggara Barat mendapat kesempatan dikunjungi oleh pejabat daerah dari Negara Pakistan pada  Kamis, (07/02/ 2013). Kunjungan tersebut terkait dengan rencana negara Pakistan untuk mengembangkan perbenihan tanaman padi.

Kunjungan langsung menuju Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS). Rombongan disambut oleh Kepala BPTP NTB Dr. Ir. Dwi Parptomo S., MS sekaligus memberikan penjelasan tentang UPBS. Acara diskusi dipandu langsung oleh Kepala BPTP NTB yaitu Dr.Ir.  Dwi Praptomo S., MS di dampingi oleh para peneliti dan penyuluh BPTP NTB. Kepala BPTP NTB menjelaskan tentang UPBS BPTP NTB, ketersediaan benih di UPBS serta pengembangan varietas melalui pengkajian dan diseminasi yang dilakukan oleh BPTP NTB selama ini.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan yang dipandu oleh Lalu Wirajswadi, M.Ed, dalam penjelasannya antara lain dismpaikan tentang kelas benih yang diproduksi di UPBS BPTP NTB yaitu FS (label putih) dan SS (label ungu).

Kunjungan singkat tersebut banyak mendiskusikan tentang peran BPTP NTB dalam menyiapkan teknologi aplikatif untuk pengembangan pertanian di daerah khususnya pengembangan komoditas padi yang merupakan komoditas pangan utama bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Padi juga merupakan komoditas pangan penting bagi penduduk Pakistan.  Dalam diskusi,  para tamu memberikan perhatian dan apresiasi  ketika disampaikan dampak dari adanya peran BPTP NTB dalam mempercepat penyebaran inovasi baru berupa “varietas unggul baru”.  Penyebaran dan adopsi petani terhadap varietas baru sebelum ada BPTP NTB memerlukan  waktu sekitar 6-12 tahun  sejak  varietas tersebut dilepas.  Tetapi kini  dengan adanya aktivitas BPTP NTB di seluruh daerah NTB penyebaran dan adopsi varietas padi  baru dapat  dipercepat  menjadi 1-2 tahun  dari waktu pelepasan. Dengan ketersediaan varietas unggul baru oleh BPTP NTB kini stake holders perbenihan padi (para penangkar padi NTB) tidak mengalami kesulitan mencari benih sumber dari varietas yang diinginkan petani sehingga tepat waktu, tepat jenis dan tepat jumlah dalam memenuhi kebutuhan benih padi di tingkat lapangan menjadi salah satu dukungan penting dalam mewujudkan swasembada padi di tingkat Nasional.   Setelah mendapatkan penjelasan tentang kegiatan UPBS NTB, acara dilanjutkan dengan melihat koleksi benih di gudang penyimpanan benih UPBS BPTP NTB. Pejabat daerah dari Negara Pakistan sangat tertarik melihat koleksi benih di gudang penyimpanan benih UPBS BPTP NTB.

Pada akhir acara kunjungan, Pejabat daerah dari Negara Pakistan dan rombongan mencoba pangan dari produk pertanian spesifik lokasi NTB yaitu ketela rambat ungu, jagung, manggis, kacang tanah dan rambutan. (Sumber : Muji Rahayu dan Farida Sukmawati M)

Web Analytics