Berita

Kunjungan TK & PAUD Anak Soleh Al-Ikhsan ke BPTP NTB

Pin It

Dalam rangka peningkatan pengetahuan dan wawasan, siswa TK & PAUD Anak Soleh Al-Ikhsan Sandubaya Kota Mataram, mengadakan kunjungan pembelajaran ke BPTP NTB pada Selasa (22/01/2013), diikuti oleh 30 peserta, yang didampingi Kepala Sekolah (Ibu Nurlaila Hariyanti), beserta guru-guru dan wali murid. Menurut Kepala Sekolah, kegiatan diluar ruang ini merupakan agenda rutin di TK dan PAUD ANAK SOLEH AL-IKHSAN Sandubaya Kota Mataram, agar anak-anak bisa belajar langsung di lingkungan. BPTP-NTB dipilih sebagai tujuan kunjungan karena adanya demonstrasi untuk kegiatan penelitian pertanian dan peternakan, sehingga  diharapkan anak-anak bisa belajar lebih efektif dengan melihat secara langsung materi pelajaran yang selama ini hanya dipelajari lewat buku dan gambar. Lebih lanjut Kepala Sekolah berharap bahwa kunjungan ke BPTP NTB ini dapat menambah wawasan anak-anak PAUD tentang pertanian seperti mengenal aneka jenis tanaman, cara menanam sayuran, dan mengenal ternak yang selama ini sudah jarang mereka temui dilingkungan mereka khususnya dikota besar.Acara diawali dengan penerimaan dari BPTP NTB oleh Drh. Nurul Hilmiati.,MVS selaku Peneliti di BPTP NTB dan dilanjutkan dengan mengelilingi kebun bibit dan kandang ternak.

Anak - anak diarahkan ke kebun bibit untuk diperkenalkan berbagai jenis tanaman sayuran dan cara bertanam sayuran mulai dari persiapan media tanam, memperlihatkan bibit yang siap ditanam sampai cara menanam bibit dalam polybag. Dalam acara tersebut anak-anak dilibatkan langsung bagaimana cara menanam mulai dari memasukkan tanah dalam polybag, mencabut bibit dari potry sampai memasukkan bibit dalam polybag yang berisi media tanam.

Selain mengunjungi kebun bibit anak-anak juga dipandu ke kandang ternak. Di kandang ternak mereka diperkenalkan jenis ternak yang ada seperti Ayam KUB, Ayam Arab, Kambing, Sapi dan memperkenalkan pakan ternak seperti turi, gamal dan beberapa jenis rumput. Mereka juga dilibatkan dalam pemberian pakan, mulai dari memotong pakan pada batang pohon kemudian memberikan langsung pakan pada ternak.

Senyum keceriaan kepuasan dari anak-anak PAUD ANAK SOLEH AL-IKHSAN terlihat jelas dari cara mereka berintraksi dan mencoba sesuatu yang baru. Akhir acara, anak-anak diistirahatkan sejenak dan dilanjutkan dengan acara penutup yaitu salam pisah. Semoga informasi yang diperoleh di BPTP NTB dapat bermanfaat...amin. (Ria Rustiana & Nurul Hilmiati).

Web Analytics