Berita

Studi Banding Penyuluh Pertanian, Lurah dan KTNA Kecamatan Sekarbela Ke BPTP NTB

Pin It

Sebanyak 30 orang penyuluh pertanian, lurah, dan KTNA se Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram melakukan studi banding ke BPTP NTB, Rabu, 10/10/2012 dipimpin oleh Koordinator Penyuluh Pertanian Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K), Hj. Hazazul Hasanah, SP. Dikatakannya, kunjungan ini dimaksudkan untuk menambah wawasan para penyuluh pertanian, lurah, dan KTNA se Kecamatan Sekarbela terhadap perkembangan inovasi pertanian.

Selama berada di BPTP NTB rombongan melihat kegiatan-kegiatan yang ada di lingkungan BPTP NTB antara lain: Kebun Bibit M-KRPL, Laboratorium Tanah, UPBS dan demplot aneka ternak. Pada umumnya peserta studi banding tertarik pada setiap objek yang dikunjunginya, misalnya pada saat di kebun bibit M-KRPL peserta menanyakan tentang teknik persemaian Paprika karena selama ini mereka melakukan persemaian Paprika selalu tidak berhasil.

Keberadaan Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) BPTP NTB belum banyak dikenal oleh rombongan ini, setelah melihat langsung aktivitas yang sedang berlangsung di UPBS rombongan studi banding ini tertarik untuk menjalin kerjasama dengan UPBS. Varietas yang mereka butuhkan saat ini adalah VUB tahan salin. Saat berada di UPBS, penanggung jawab kegiatan, Sabar Utung, SP merespon keinginan kontak tani tersebut dan berjanji akan memenuhi permintaan tersebut dengan memesan benih Inpara ke Balai Besar Padi di Sukamandi.

Selain melihat langsung aktivitas yang ada di BPTP NTB, rombongan juga diberikan informasi tercetak dan beberapa macam bibit rumput dan hijauan makanan ternak untuk diperbanyak di lahan BP4K Sekarbela.  (Sumber : Prisdiminggo)

Web Analytics