Berita

Kunjungan Wakil Menteri Pertanian Dan Kehutanan Negara Laos Di BPTP NTB

Pin It

BPTP NTB mendapat kesempatan dikunjungi oleh Wakil Menteri Pertanian dan Kehutanan Negara Laos, yaitu: Assoc. Prof. Khamphad Sourinphoumy, Ph. D, pada  tgl 21 September 2012, Kunjungan tersebut terkait dengan rencana Laos untuk mengembangkan perbenihan tanaman padi, dengan didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan TPH Provinsi NTB Ir. H. Abdul Ma’ad, MM dan rombongan, disambut oleh Kepala BPTP NTB Dr. Ir. Dwi Parptomo S., MS di Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS) BPTP NTB.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan tentang UPBS BPTP NTB, ketersediaan benih di UPBS serta pengembangan varietas melalui pengkajian dan diseminasi yang dilakukan oleh BPTP NTB selama ini yang dipandu oleh Lalu Wirajswadi, M.Ed. Dalam penjelasannya antara lain dismpaikan tentang kelas benih yang diproduksi di UPBS BPTP NTB yaitu FS (label putih) dan SS (label ungu). Selain itu juga dijelaskan rata-rata tiap tahun BB padi mengeluarkan ± 6 varietas baru padi, yang kemudian akan diperkenalkan dan dikembangkan oleh BPTP di setiap provinsi kepada petani melalui kegiatan pengkajian dan diseminasi spesifik lokasi, sehingga sampai saat ini telah ada 7 varietas yang telah berkembang luas di NTB. Setelah mendapatkan penjelasan tentang kegiatan UPBS NTB, acara dilanjutkan dengan melihat koleksi benih di gudang penyimpanan benih UPBS BPTP NTB. Kemudian Wakil Menteri dan rombongan melanjutkan melihat demplot aneka ternak BPTP NTB, dengan dipandu oleh Dr. Tanda S. Panjaitan, Mr. Sourinphoumy sangat tertarik melihat koleksi ternak dan pakan yang terintegrasi di kebun percobaan Narmada BPTP NTB.

Pada bagian akhir acara kunjungan, Mr. Sourinphoumy dan rombongan mencoba pangan dari produk pertanian spesifik lokasi NTB yaitu ketela rambat ungu. Kemudian acara ditutup dengan pemberian kenang-kenangan cindera mata dari Wakil Menteri Pertanian kepada BPTP NTB.  (Sumber : Eni Fidiyawati dan Farida Sukmawati M)

Web Analytics