Berita

Temu Lapang Demplot PTT Jagung di Kabupaten Sumbawa

Pin It

Temu Lapang Demplot PTT Jagung dilaksanakan September 2012 berlokasi di Desa Jorok Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa. Pelaksanaan demplot PTT Jagung di lokasi tersebut melibatkan petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Tenri Untung 1 dengan menggunakan jagung varietas Bima 3.

Temu lapang dihadiri oleh tamu undangan antara lain perwakilan dari Dinas Pertanian Sumbawa, BP3K dari 4 kecamatan yaitu Kecamatan Alas Barat, Alas, Buer, Utan Rhee, Camat Utan, PPL Kecamatan Utan, dan petani setempat. Rangkaian acara temu lapang diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan peninjauan lapangan sekaligus panen  jagung secara simbolis oleh tamu undangan. Pada peninjauan lapang ini peserta temu lapang dapat melihat secara langsung tanaman jagung varietas BIMA 3.

Setelah panen simbolis selesai dilakukan, acara dilanjutkan dengan sambutan dan diskusi. Pada acara diskusi tersebut, beberapa petani mengajukan beberapa keinginan agar bisa mendapat benih jagung BIMA 3. Mereka sangat senang melihat pertumbuhan tanaman jagung cukup bagus dan tampilan fisik dari tongkol jagung dan bulir yang besar. Sebelum acara temu lapang dilaksanakan, tim dari BPTP melakukan ubinan dan hasil produksi jagung dapat mencapai 9,5 ton/ha.  (Sumber : Yurista Sulistyawati).

Web Analytics