Berita

Pelatihan Pembuatan Kompos Bagi Siswa PKL SMKN I Manggelewa Di Kebun Bibit Induk (KBI) M-KRPL

Pin It

BPTP NTB kembali dipercaya sebagai lokasi Praktek Kerja Lapangan (PKL)  dari SMKN I Manggelewa Kab. Dompu. Sebanyak 17 orang siswa-siswi sekolah tersebut, selama ± 3 bulan belajar menerapkan teori-teori yang mereka peroleh selama di sekolah serta tambahan ilmu dan aplikasi dari jajaran fungsional BPTP NTB (peneliti dan penyuluh) dibidang pertanian dan peternakan.

Salah satu bentuk dukungan BPTP NTB hasil pengkajian dan diseminasi diimplementasikan dalam bentuk pelatihan pembuatan kompos dari kotoran ternak (sapi, kambing dan ayam) serta dari sisa biomas tanaman (daun dan batang). Pelatihan ini dilaksanakan di Kebun Bibit Induk (KBI) M-KRPL, dan mendapatkan dukungan penuh dari Penanggung Jawab M-KRPL Dr. Moh. Nazam. Sebagai narasumber pelatihan pembuatan kompos  adalah Ir. H. Sahram, MM dan Ir. Kaharuddin.

Para siswa sangat antusias mengikuti tahapan-tahapan pembuatan kompos, terutama saat narasumber menjelaskan tentang kandungan katalis yang digunakan berupa : bacillus dan trichoderma, mereka juga aktif bertanya kepada narasumber, diantaranya tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai menjadi kompos, bahan-bahan pengomposan yang baik, cara mengetahui kompos yang sudah “jadi” dan lain-lain.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para siswa dapat mengaplikasikannya di daerah asalnya dan meningkatkan ketertarikan mereka pada dunia pertanian, hingga dapat mendalami serta berkontribusi aktif dalam optimalisasi pertanian, paling tidak di daerah sekitar tempat tinggal mereka. (Sumber  : Eni Fidiyawati).

Web Analytics