Berita

Pelatihan dan Bimbingan Statistik Bagi Peneliti BPTP NTB di Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Universitas Mataram

Pin It

Salah satu hal yang dirasakan sangat  penting  sehubungan dengan penelitian yang dilakukan adalah bagaimana cara data harus didapat, disajikan, dianalisa dan disimpulkan.  Oleh karenanya bagi staff BPTP NTB khususnya bagi peneliti pemahaman statistik merupakan kebutuhan yang paling utama.

Agar pemahaman statistik dapat sinergi dengan kebutuhan pelaksanaan pengkajian  di lapangan dan juga  memenuhi kebutuhan untuk dapat menghasilkan karya tulis ilmiah, maka lima orang  peneliti bidang budidaya tanaman di BPTP NTB yaitu Ir. Muji Rahayu, MSi, Fitrahtunnisa, SPd.,MSi, Yurista Sulistiawati, SP, Nani Herawati, SP dan Hiryana, SP  mengikuti pelatihan dan bimbingan tentang statistik di Universitas Mataram. Pelaksanaan dilakukan selama  satu hari penuh pada tgl 17 Juli 2012 dibimbing oleh Dr. Uyek Malik Yakop dan Irwan Muharam Lesmono Aji, S.Hut, M.For di Kantor Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Universitas Mataram.

Pelaksanaan pelatihan dan bimbingan yang disertai dengan pelatihan untuk menganalisa dan menyajikan data dilaksanakan dengan cara yang santai , sehingga proses  belajar statistik menjadi ‘enjoy’.  Masing-masing peserta membawa materi dengan permasalahan  masing-masing, sehingga diharapkan usai pelatihan dan bimbingan peserta dapat mengaplikasikan dan mengembangkan sesuai kebutuhannya.  Proses belajar satistik ini diselenggarakan dengan tujuan agar pengkajian yang dilaksanakan di BPTP NTB tidak saja indah dalam pelaksanaan di lapangan tetapi juga indah dengan kreasi desiminasinya baik untuk tulisan populer, semi populer dan karya tulis ilmiah. (Sumber : Yurista Sulistiawati dan Muji Rahayu).

Web Analytics