Berita

Model Kawasan Rumah Pangan Lestari Primadona Di Pameran Dan Bazar HKP Ke-40 Provinsi Nusa Tenggara Barat

Pin It

Bernuansa taman yang ditanami sayuran, stand BPTP NTB menjadi primadona dan paling banyak diminati oleh pengunjung Pameran dan Bazar dalam rangka puncak peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-40 yang dilaksanakan di halaman Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK-PP) Labuapi, Lombok Barat (Rabu, 18/7/2012)dan dihadiri langsung oleh Gubernur NTB, Dr.TGH M. Zainul Majdi, MA

Tidak kurang dari 20 Dinas/Isntansi di Lingkungan Pemda NTB dan Swasta yang berpartisipasi dalam pameran dan bazar tahun ini. Menurut Koordinator Seksi Pameran dan Bazar HKP 2012, Dr. Ir. Dwi Praptomo, MS, acara ini dikaitkan dengan momentum  menyambut bulan suci Ramadhan, sehingga makna peringatan HKP dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar Kecamatan Labuapi khususnya dan Lombok Barat pada umumnya. Lebih lanjut Kepala BPTP NTB mengatakan ditampilkannya Rumah Pangan Lestari (RPL) pada setiap pameran yang diikuti oleh BPTP NTB dimasudkan untuk lebih mensosialisasikan program Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) di Nusa Tenggara Barat.

Respon pengunjung terhadap stand BPTP NTB cukup menggembirakan karena penataannya yang bernuansa taman, ternyata menjadi daya tarik bagi pengunjung. Umumnya pengunjung tertarik dan menanyakan dimana tempat penjualan benih sayuran yang siap panen. Dr. Moh. Nazam, MSi sewaktu ditanyakan hal ini mengatakan bahwa masyarakat luas mulai melirik tanaman sayuran sebagai tanaman yang dapat ditanam dipekarangan dan sekaligus dijadikan sebagai hiasan di halaman rumah. Inovasi yang dikembangkan oleh kelompok Melet Maju Desa Singgar Penjalin, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara misalnya, memadukan menanam tanaman sayuran sekaligus sebagai hiasan. Kelempok tani ini mulai mengembangkan teknik penyambungan pohon Terong lokal disambungkan dengan terong ungu dan hijau sehingga dalam satu pohon akan temukan berbagai bentuk dan warna terong.

Sewaktu kunjungan ke arena pameran dan bazar, Gubernur NTB, Dr. TGH M. Zainul Majdi, MA terkesan dengan konsep Rumah Pangan Lestari (RPL) dan berharap kegiatan ini dapat berkesinambungan di daerah ini.

Selain nuansa rumah pangan lestari, stand BPTP NTB juga mempromosikan produk olahan dari kelompoktani pengkajian. Produk olahan yang ditampilkan antara lain: aneka olahan dari ubi jalar, olahan buah pala dan lobe-lobe yang juga banyak diminati oleh pengunjung. (Ria Rustiana dan Prisdiminggo)

Web Analytics