Berita

Kunjungan Kerja FKPR Badan Litbang di BPTP NTB

Pin It

Dalam rangka Kunjungan Kerja Tematik dari FKPR (Forum Komunikasi Profesor Riset) Badan Litbang Pertanian di Provinsi Nusa Tenggara Barat, berkesempatan melakukan kunjungan ke BPTP NTB pada Rabu, 4 Juli 2012. Rombongan diterima oleh Kepala Subag Tata Usaha BPTP NTB Ir. M. Sofyan Souri. Rombongan FKPR ini terdiri dari 6 orang profesor (riset) yang dipimpin oleh Prof. Irsal Las (BPSDLP), Prof. Dr. Ismeth Inounu (Puslitbangnak), Prof. Dr. Bahagiawati (BB Biogen), Prof. Dr. Ir. Erizal Jamal (PSE), Dr. Bambang Risdiono (Puslitbangnak), dan Prof. Dr. Ir. Supriadi, MS (Puslitbangbun).

Bertempat di ruang rapat BPTP NTB, rombongan FKPR melakukan pertemuan dengan tenaga fungsional peneliti dan penyuluh BPTP NTB. Dalam sambutanya Prof. Irsal Las mengatakan bahwa kedatangan FKPR ini sebagai Tim Pembina dan Pengembangan BPTP NTB. Tujuan utama adanya terobosan teknis, perkembangan pertanian dan melihat permasalahan yang ada di lapangan terutama di lahan kering. Oleh karena itu, para tenaga fungsional BPTP NTB (peneliti dan penyuluh) diharapkan mampu memanfaatkan kesempatan untuk belajar dan menimba ilmu dari para profesor (riset) tersebut, terutama dalam masalah ilmiah dan litkaji seperti peningkatan kapasitas menulis, tips untuk meningkatkan kredit point fungsional, pembahasan proposal, dan lain-lain. Pembinaan oleh FKPR ini berlangsung selama dua hari tanggal 4-5 Juli 2012. Banyak Saran dan masukan yang di sampaikan oleh Tim dari Profesor Riset terhadap tenaga fungsional peneliti dan penyuluh yang ada di BPTP NTB.

Sebelum berkunjung ke BPTP NTB, FKPR Badan Litbang melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Donggo Kabupaten Bima, dalam rangka mendukung pembangunan pertanian di lahan sub optimal, yang dicanangkan dalam program “Kunjungan Kerja Tematik dan Penyusunan Model Percepatan Pembangunan Pertanian Lahan Sub Optimal di Provinsi Nusa Tenggara Barat” pada tahun 2012 oleh Badan Litbang Pertanian Kementrian Pertanian, dengan tujuan utama kegiatan ini antara lain adalah menyusun konsep dan model pengembangan pertanian berbasis inovasi di lahan kering iklim kering, khususnya di Kabupaten Bima, Provinsi NTB berdasarkan pendalaman dan identifikasi karakteristik dan potensi wilayah. (Sumber : Farida Sukmawati M & Eny Fidiyawati)

Web Analytics