Berita

KP Narmada BPTP NTB Kembangkan Bunga Sedap Malam

Pin It

Kebun Percobaan (KP) Narmada BPTP NTB sebagai visitor plot, menggunakan strategi pendekatan yang menyeluruh dan terpadu dengan pemanfaatan sumber daya lahan secara optimal, serta keterkaitan antara kegiatan satu dengan lainnya. Selain pengembangan integrasi ternak dengan tanaman pangan (padi dan palawija), KP Narmada juga digunakan sebagai Kebun Bibit Induk (KBI) kegiatan M-KRPL dengan dibangunnya screen house untuk pengembangan komoditas hortikultura (sayur dan buah).

Untuk melengkapi pengembangan komoditas hortikultura di KP Narmada, maka BPTP NTB mengembangkan tanaman hias dengan mengembangkan bunga sedap malam. Komoditas ini dipilih karena merupakan salah satu bunga tropis yang memiliki pangsa pasar cukup menjanjikan serta mendukung pengembangan kawasan florikultura tropis di NTB. Bunga ini juga cukup mudah dibudidayakan baik dataran tinggi maupun dataran rendah sesuai dengan varietas yang digunakan. Bunga sedap malam memiliki prospek yang cukup baik, dikarenakan NTB merupakan salah satu daerah tujuan wisata utama setelah Pulau Bali, sehingga banyak event yang diselenggarakan dan permintaan tanaman hias tropis akan meningkat.

Dikembangkannya sedap malam oleh KP Narmada BPTP NTB diharapkan mampu memberikan kontribusi yang nyata dalam inovasi teknologi yang digunakan serta mampu meningkatkan kualitas dan produksi tanaman, sehingga akan mampu menarik minat petani bunga tropis NTB serta meningkatkan pendapatan mereka secara signifikan. (Sumber : Eni Fidiyawati)

Web Analytics