Berita

Temu Teknis Dan Temu Karya Penyuluh Pertanian Nasional Di Kota Metro, Provinsi Lampung

Pin It

Sebanyak 4.000 peserta dari 33 Provinsi se Indonesia, 60 orang diantaranya berasal dari NTB mengikuti Temu Teknis dan Temu Karya Penyuluh Pertanian Nasional di Kota Metro, Provinsi Lapang. Kegiatan yang berlangsung tanggal 27-30 Juni 2012 itu mengusung tema “Kebangkitan Penyuluhan Melalui Tekad dan Kerja Keras Penyuluh Pertanian Dalam Mendukung Empat Sukses Pembangunan Pertanian.

Empat sukses pembangunan pertanian yang dimaksud dalam tema itu adalah pencapaian swasembada dan swasemabada berkelanjutan, peningkatan deversifikasi pangan, peningkatan nilai tambah, daya saing dan ekspor, serta peningkatan kesejahteraan petani.

Dalam Temu Teknis dan Temu Karya Penyuluh Pertanian ini, ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan, seperti pameran dan promosi, seminar dan sosialisasi, festival karya penyuluh pertanian, dialog intraktif, dan karya wisata ke beberapa obyek wisata yang ada di Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung.

Pada kegiatan seminar dan sosialisasi, panitia menghadirkan narasumber dari Kementrian Pertanian, diantaranya Sekjen Kementrian Pertanian, Badan Penyuluh dan Pengembangan SDM Pertanian, Badan Litbang Pertanian, Ditjen Tanaman Pangan, Ditjen Peternakan, Ditjen Perkebunan,Dijen Hortikultura, Ditjen Prasaran dan Sarana Pertanian, Ditjen Pengolahan dan Pemasaran hasil pertanian,dan pemangku kepentingan lainnya.

Beberapa materi yang diseminarkan antara lain swasembada dan swasembada berkelanjutan, swasembada gula, swasembada daging sapi dan kerbau,deversifikasi pangan, peningkatan daya saing, eskpor, dan nilai tambah, serta peningkatan kesejahteraan petani.

Sementara dalam kegiatan dialog intraktif, penyuluh pertanian berdialog secara langsung dengan Ketua komisi IV DPR, Mentri Pertanian, Mentri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Serta Ketua Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI); Sedangkan materi yang menjadi bahan dialog dalam pertemuan itu antara lain: upaya peningkatan kuantitas penyuluh pertanian dan inplementasi  penyelenggaraan penyuluhan pertanian, serta dukungan pemerintah daerah dalam menerapkan UU 16/2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (SP3K), pencapian target empat sukses pembangunan pertanian tahun 2014.

Dengan banyaknya kegiatan dalam Temu Teknis dan Temu Karya Penyuluh pertanian Nasional di Kota Metro,Lampung Tahun 2012 ini, diharapkan bisa meningkatkan wawasan dan pemahaman serta koordinasi penyuluh, petani, peneliti, dan pemangku kepentingan lainnya tentang program empat sukses pembangunan pertanian. (Sumber : Noor Inggah dan Tatok Sulistiyanto)

Web Analytics