Berita

Pelatihan Pembuatan Krupuk Bonggol Pisang Di Lokasi M-KRPL Kabupaten Lombok Timur

Pin It

Bertempat di Desa Labuhan Pandan Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur, anggota KWT Bunga Arabiang dengan antusias mengikuti pelatihan pembuatan krupuk dari bonggol pisang. Sebagai narasumber adalah tim dari M-KRPL (Model Kawasan Rumah Pangan Lestari) BPTP NTB. Pelatihan ini diselenggarakan atas inisiatif dari anggota KWT Bunga Arabiang, yang sudah menikmati hasil dari kegiatan  M-KRPL, selain itu jumlah tanaman pisang  cukup banyak tersedia di pekarangan rumah warga.

Pelatihan ini dihadiri oleh ± 20 orang anggota KWT yang dengan antusias mengikuti tahapan pembuatan krupuk dari bonggol pisang.   Bahan bonggol pisang sudah tersedia dan bahan yang lain seperti tepung kanji dan bumbu mudah diperoleh, pembuatan  relatif sederhana sehingga mereka berencana akan membuat krupuk bonggol pisang itu dalam skala yang lebih besar.

Anggota KWT Bunga Arabiang merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan M-KRPL di tempat mereka, karena selain pekarangan terlihat lebih hijau dan asri, kebutuhan pangan dan gizi keluarga terpenuhi, pendapatan tambahan penjualan dari hasil pekarangan, pengetahuan baru tentang pembuatan krupuk bonggol pisang.

Adanya berbagai manfaat yang diperoleh dari kegiatan M-KRPL BPTP NTB diharapkan masyarakat lain yang belum berpartisipasi dapat tertarik untuk memanfatakan pekarangan rumah mereka sehingga kebutuhan pangan dan gizi keluarga dapat terpenuhi secara lestari. (Sumber : Eni Fidiyawati)

Web Analytics