Berita

Miniatur M-KRPL BPTP NTB Berpatisipasi dalam Peringatan Harganas XIX

Pin It

Peringatan Hari Keluarga tingkat Nasional (Harganas) tahun 2012 diselenggarakan di Kota Mataram Provinsi NTB. Rangkaian kegiatan peringatan Harganas  dimulai sejak tanggal 28 Juni 2012 dibuka oleh ketua Panitia Hari Keluarga XIX tingkat Nasional  Ny. Vita Gamawan Fauzi dan akan berakhir tanggal 30 Juni 2012.

Peringatan Harganas 2012 dipusatkan di ex bandara Selaparang Kota Mataram dengan diadakannya pameran produk unggulan masing-masing provinsi se- Indonesia hasil binaan dari dinas-dinas terkait. BPTP sebagai satu-satunya UPT Badan Litbang Pertanian yang ada di NTB berpartisipasi dalam rangkaian peringatan Harganas XIX, melalui  miniatur Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL).

Program M-KRPL yang sedang dikembangkan oleh BPTP NTB mempunyai keterkaitan yang sangat erat dalam menciptakan kesejahteraan dan kemandirian keluarga, dikarenakan M-KRPL merupakan kegiatan untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan optimal melalui penanaman tanaman sayur, buah-buahan, biofarmaka, kolam, dan ternak sehingga keluarga dapat memenuhi kebutuhan pangan dan gizi secara mandiri dan optimal.

Pengunjung pameran sangat tertarik dengan miniatur M-KRPL BPTP NTB, hal tersebut dibuktikan dengan antusiame pengunjung dalam menanyakan cara budidaya dan pemeliharaan tanaman seperti : selada, sawi, cabai, tomat, dan lain-lain serta pola integrasi pemeliharaan tanaman, perikanan, dan ternak di pekarangan rumah. Adanya respon yang positif dari masyarakat diharapkan agar masyarakat dapat tergerak dan berpartisipasi aktif untuk memanfaatkan pekarangan dalam membantu memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga secara mandiri. (Sumber : Eni Fidiyawati)

Web Analytics