Berita

Apresiasi Pemandu Lapang dalam Rangka Penerapan GAP/GHP

Pin It

Kegiatan Apresiasi Pemandu Lapang dalam Rangka Penerapan GAP/GHP dilaksanakan pada tanggal 14-16 Juni 2012 di Hotel Lombok Raya, Mataram. Penyelenggara adalah Direktorat Budidaya dan Pasca Panen Sayuran dan Tanaman Obat Kementrian Pertanian. Peserta yang mengikuti acara ini merupakan wakil dari beberapa instansi yang berada lingkup Pertanian, khususnya yang terletak di wilayah Indonesia bagian Timur.

Acara diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh Direktur Budidaya dan Pasca Panen Sayuran dan Tanaman Obat yaitu Dr. Ir. Yul H. Bahar, dan dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Good Agricultural Practices (GAP) dan Good Handling Practices (GHP). GAP merupakan pedoman tentang cara bercocok tanam yang baik yang didasarkan pada Permentan Nomor 48/Permentan/OT.140/10/Tahun 2009. Hari kedua dilaksanakan kegiatan praktek lapangan yang dilakukan di lahan milik petani di Kelurahan Pejarakan Karya, Mataram.

Salah satu petani yang hadir untuk berbagi pengalaman sebagai nara sumber adalah Doyo Mulyo dari KUT Mekar Tani Jaya, Kabupaten Bandung. KUT Mekar Tani Jaya menerapkan GAP/GHP untuk anggotanya yang berjumlah sekitar 500 orang dan telah berhasil memasok sayuran dan buah untuk pasar dalam dan luar negeri. Cerita sukses ini diharapkan dapat menjadi pemacu untuk petani lain agar dapat meningkatkan kemampuan dalam menghasilkan produk pertanian yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi.   (Sumber : Yurista Sulistyawati)

Web Analytics