Berita

Kunjungan Siswa MA Nurul Hakim Kediri Lombok Barat Ke BPTP NTB

Pin It

Sebanyak 30 orang siswa kelas XI dan 7 orang  guru pendamping Madrasah Aliyah Nurul Hakim Kediri pada tanggal 22 Mei 2012 berkunjung ke BPTP NTB untuk belajar dan melihat secara langsung penerapan teknologi pertanian yang dilakukan oleh BPTP NTB khususnya yang terkait dengan pemanfaatan pekarangan. Rombongan diterima Pejabat yang mewakili Kepala BPTP NTB : Ir. M. Sofyan Souri. Kepala BPTP dalam kata penerimaannya memperkenalkan tugas pokok dan fungsi  BPTP NTB sebagai Unit Pelaksana Teknis Badan Litbang Pertanian yang bertugas melakukan pengkajian teknologi di bidang pertanian untuk menghasilkan teknologi pertanian yang sesuai dengan kondisi biofisik, agroklimat dan sosial ekonomi NTB serta menyebarluaskan teknologi yang dihasilkan kepada para petani dan pengguna lainnya. Salah satu kegiatan yang saat ini sedang dikembangkan BPTP NTB terkait dengan teknologi pemanfaatan pekarangan adalah optimalisasi pemanfaatan pekarangan dengan konsep Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) yang merupakan program nasional yang mulai diimplementasikan di NTB pada akhir 2011 yang lalu.

Penjelasan lebih rinci mengenai M-KRPL disampaikan oleh Dr. H. Moh. Nazam selaku penanggung jawab kegiatan M-KRPL BPTP NTB. Menurutnya, konsep M-KRPL terlahir sebagai salah satu opsi mengatasi masalah ketahanan pangan dan gizi masyarakat NTB yang saat ini kondisinya masih di bawah rata-rata nasional. Secara harpiah konsep M-KRPL dapat diartikan sebagai usaha memanfaatkan lahan pekarangan dengan berbagai jenis tanaman dan ternak/ikan dalam satu kawasan. Setiap kawasan terdiri atas kumpulan rumah tangga yang memanfaatkan pekarangannya dalam satu kelompok/RT/dusun/desa, dengan tujuan utama memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga secara swadaya atau mandiri. Jenis tanaman atau ternak yang diusahakan diutamakan yang merupakan kebutuhan pangan sehari-hari rumah tangga.

Pimpinan rombongan menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesediaan BPTP NTB menerima kunjungan serta memberikan penjelasan berbagai teknologi pemanfaatan pekarangan dan berharap agar hubungan silaturrahim ini dapat berlanjut dan BPTP NTB berkenan memberikan pembinaan kepada Ponpes. Selanjutnya rombongan meninjau  implementasi M-KRPL di lahan pekarangan BPTP NTB yang dilengkapi Kebun Bibit Induk (KBI) yang berfungsi sebagai pusat pelayanan bibit untuk pengembangan M-KRPL di berbagai lokasi dan masyarakat pengguna lainnya. Para santri juga meninjau sistem pengelolaan kebun percobaan yang meliputi aneka tanaman pangan seperti padi, jagung, kedelai, kacang tanah, sorgum, aneka sayuran dan buah-buahn, serta sistem pemeliharaan ternak, seperti sapi, kambing dan itik. Pada akhir kunjungannya juga melihat Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS) yang memproduksi benih sumber untuk berbagai varietas unggul baru (VUB) padi.  (Sumber : Nani Herawati  dan  Moh. Nazam)

Web Analytics